Faster Kabel Bawah Laut Milik Google Terkencang

Faster merupakan sebuah julukan kabel bawah laut yang di buat oleh google yang bermitra dengan lima perusahaan telekomunikasi yang ada di Asia guna untuk membangun jaringan kabel internet dengan bahan utama kabel fiber optik yang diletakkan  di dasar laut yang menghubungkan dari Amerika Serikat dengan Jepang proyek ini sudah di mulai dari dua tahun yang lalu dan baru saja selesai di buat sekaligus diresmikan langsung oleh perusahaan mesin pencari terbesar tersebut.

kabel bawah laut terkencang

Pada tahun 2014 lalu Google  selaku sebagai pemilik dan pencetus kabel bawah laut ini memang sudah direncanakan oleh Google beberapa waktu lalu. Faster juga merupakan hasil konsorsium enam perusahaan internet raksasa yaitu: Google, Global Transit, China Telecom Global, Singtel, China Mobile International, dan KDDI dengan investasi senilai sekitar kurang lebih USD 300 juta.

Kabel bawah laut faster ini membentang sepanjang kurang lebih 9.000 km dengan melewati Samudera Pasifik serta sudah menghubungkan tiga titik, yakni Oregon, Amerika Serikat dengan perfektur Chiba dan Mie, Jepang.

Faster ini nantinya akan mengkoneksi ke seluruh Pantai Barat AS, meliputi Los Angeles, San Francisco Bay Area, Portland, dan Seattle. Termasuk untuk meng-cover kota-kota besar di Jepang. Koneksi dari kabel bawah laut faster ini dapat menghantarkan kecepatan sebesar 60 Tbps artinya kecepatan itu lebih dari 9 juta lebih cepat daripada kabel modem standar yang anda punyai.

“Dari awal proyek, kami berulang kali berucap faster, faster, dan FASTER. Dan pada satu titik itu menjadi nama proyek dan hari ini menjadi kenyataan,” ucap dari Hiromitsu Todokoro, Chairman Faster Management Committee.

Baca juga: Malware Godless Siap Rusak Android

Teknopoin.com kebel berjuluk si cepat dari amerika ini sekarang sudah mulai bekerja dan sudah resmi juga beroperasi di wilayah yang telah menjadi target google ini.

Kecepatan Faster Kabel Bawah Laut

Memang sangat cepat kabel bawah laut yang merupakan milik google inc. ini karena memang kabel ini juga merupakan salah satu proyek antisipasi dari google untuk mengantisipasi peluncuran area cloud dan data center yang dibangun di Tokyo Jepang belakangan ini mungkin sekitar menjelang akhir tahun 2016 ini sudah dapat beroperasi maka google juga berharap pengguna layanan aplikasi dan platform cloud miliknya bisa ikut terbantu dengan adanya kabel bawah laut ini.

faster kabel bawah laut terkencang

 

Sebelumnnya juga Google telah berinvestasi untuk pembangunan kabel bawah laut yang menghubungkan AS dengan Amerika Selatan dan bagian – bagian lain yang terdapat pada benua Asia. Pembangunan kabel – kaebl ini bisa meningkatkan kecepatan server secara keseluruhan yang sudah tercover kabeh tersebut.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *