Nougat Sistem Android Terbaru Dari Google

Android (/ˈæn.drɔɪd/; AN-droyd) adalah sebuah sistem operasi yang berbasis Linux dan dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh yaitu seperti telepon pintar atau smartphone dan komputer tablet. Android awalnya hanya dikembangkan oleh Android Inc., dengan dukungan finansial yang di dapat dari Google, dan kemudian Perusahan mesin pencari besar itu membelinya di pertengahan tahun 2005.

android nougat

Dikutip dari The Verge, pada Jumat 1 Juli 2016, OS Android Nougat akan dirilis saat musim panas untuk tahun ini. Nama Nougat juga akan kembali meneruskan tradisi Google yaitu dalam penamaan sistem operasi mobile-nya, yang semua bertemakan dessert (makanan penutup).

Sistem operasi Android terbaru ini yang merupakan penerus dari Android Masrhamallow itu sebenarnya sudah sangat lama. Penamaan sistem operasi tersebut menjadi perbincangan, pada akhirnya tepat tanggal 30 Juni 2016, Google sudah mengumumkan nama resmi yang diberikan untuk sistem operasi terbarunya tersebut. Ternyata kode N untuk OS Android terbaru tersebut adalah Nougat.

android nougat

Hal ini diumumkan secara resmi melalui akun


Twitter Android:

Introducing #AndroidNougat. Thank you, world, for all your sweet name ideas! #AndroidNRevealpic.twitter.com/7lIfDBwyBE

— Android (@Android) June 30, 2016


Perilisan nama Android N sebenarnya sudah dimulai sejak lama yaitu tepatnya pada bukan Maret 2016 dengan menghadirkan versi preview atau beta yang berguna untuk developer. Fitur – fitur yang terbarukan juga dihadirkan dalam OS terbaru milik Google ini yaitu seperti Multi Window, dukungan VR untuk platform Daydream, dan perubahan yang terdapat pada panel notifikasi.

Pemilihan untuk nama Android Nougat sendiri memang sebelumnya sudah diadakan melalui gelaran Google I/O pada bulan Mei 2016 kemarin. Banyak sekali nama yang ditujukan hanya untuk penamaan sistem operasi Android terbaru ini, seperti dari New York Cheesecake, Nepayem, hingga Nutella.

Selama ini memang dari nama – nama resmi Android sendiri ini pasti selalu terkait dengan makan ringan atau camilan manis. Yaitu seperti yang di hadirkan dalam setiap versinya, yakni Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0 hingga 2.1), Froyo (2.2 hingga 2.2.3), Gingerbread (2.3 hingga 2.3.7), Honeycomb (3.0 hingga 3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0 hingga 4.0.4), Jelly Bean (4.1 hingga 4.3), KitKat (4.4), Lollipop (5.0), dan Marshmallow (6.0).

Berikut merupakan salah satu video Unwrapping Android Nougat

About The Author

Reply