Bagaimana Kecanggihan Aplikasi Mobile Masa Yang Akan Depan

Mekulat.com – Di era aluminium ini, tak ayal lagi teknologi telah menjadi sahabat yang akrab bagi usernya, baik pemula maupun pencinta gadget ulung. Perkembangan teknologi dan aplikasi mobile pun harus berevolusi. Jika tidak segera mengadopsi teknologi terbaru, jika tidak, maka siap-siap akan menjadi aplikasi yang ‘jadul’.

Seiring perkembangan, aplikasi mobile begitu perlu dimata pengguna. Menurut survey Gartner, tahun 2013 saja, toko aplikasi mobile mampu mencapai total download hingga 102 miliar, meningkat dari 64 miliar di tahun 2012. Adam Jaques, Director of Citrix Labs Strategic Service, dalam breakout sessions di Citrix Synergy 2014 yang digelar di Anaheim Convention Center, Kamis (8/5/2014) waktu setempat, mengemukakan tiga faktor yang seharusnya dimiliki aplikasi di masa depan.

Pertama, aplikasi harus lebih pintar dari generasi sebelumnya. karena jika aplikasi yang disediakan oleh developer itu bersifat monoton yaitu tanpa perubahan dalam artian lain tidak lebih pintar dari saat ini maka sudah dipastikan aplikasi yang dibuatakan dianggap kepo dan ditinggalkan. sudah banyak aplikasi yang terkena dampaknya.

Kedua, berinovasi melalui API pihak ketiga.
Ia mencontohkan solusi collaboration yang sedang digodok di lab Citrix yaitu Crystal Palace. Crystal Palace pada intinya merupakan solusi yang bekerja pada cross-platform dimana user dapat melakukan contact grouping lalu berkolaborasi dalam menulis dokumen, saling berbagi file, dan lainnya. Crystal Palace dapat dioperasikan pada sistem operasi Windows, iOS dan Android. Misalnya ketika ingin mengkolaborasikan dokumen dengan teman dari Windows Explorer, menggunakan API Windows, user hanya perlu klik kanan pada dokumen lalu pilih Send to Crystal Palace pada menu. Setelah itu, teman dalam grup teman berbagi file bisa langsung ikut menambahkan atau mengedit dokumen yang telah Anda share. Menariknya, solusi ini juga dapat mendeteksi teman yang kebetulan sedang berada di dekat Anda, namun belum berada dalam grup teman berbagi file, dan secara cepat menambahkannya pada grup teman berbagi file.

Ketiga, aplikasi didesain untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi yang cepat. Ketika akan mendesain sebuah aplikasi, mereka (developer) bersama produk managementnya harus mampu berfikir apakah aplikasi yang mereka ciptakan akan sejalan terhadap perkembangan teknologi dimasa yang akan datang.

Tiga faktor tersebut seharusnya dimiliki oleh aplikasi di masa depan agar tetap diterima dan tidak tertinggal oleh perkembangan teknologi,” papar jacques mendetil

About The Author

Reply