ATM Yang Menggunakan Sistem Operasi Windows XP, Rawan Tindakan kejahatan

Mekulat.com – Aksi kejahatan di dunia tak bisa kita pungkiri, karena di balik kebaikan pasti ada kejahatan yang terjadi, kejatahatan tersebut yang pernah terjadi di benua Eropa. Aksi kejahatan yang dilakukan tersebut dilakukan dengan memanfaatkan suatu alat yaitu flashdisk USB untuk mencuri uang dari mesin ATM.

Dan proses pencurian yang berhasil dilakukan oleh hacker tersebut adalah ATM yang menggunakan sistem operasi windows XP. Fakta tentang penggunan pada mesin ATM yang menggunakan sistem operasi Windows XP memang belum banyak yang mengetahui di kalangan masyarakat sekitar. Mesin-mesin ATM yang ada pada saat ini pun kemungkinan besar memakai sistem operasi Windows XP yang berkualitas standart dihubungkan dengan display,keypad,cryptoprocessor serta berbagai jenis hardware lainnya. Di samping itu, sebagaimana yang kita ketahui dengan perlengkapan aksesoris pada komputer atau PC, mesin ATM juga di lengkapi dengan socket USB. Dan pada saat socket tersebut di gunakan pada mesin ATM, secara otomatis mesin ATM melakukan booting.

Dengan begitu para hacker tersebut dengan mudah memasukkan malware ke mesin ATM melalui socket tersebut. Fakta tersebut juga menjadi hal yang sangat rawan. Dari pihak microsoft sudah mengumumkan perkiraan beberapa bulan kedepan mereka akan menghentikan dukungan kepada sistem operasi windows XP. Dan satu-satu nya jalan keluar agar mesin ATM tetap lebih aman makan dari segi pihak bank harus melakukan upgrade ke pada sistem operasi lain yang lebih aman tentu nya.

About The Author

Reply