Cara Mengatasi Pekerjaan yang Membosankan di Windows

Cara Mengatasi Pekerjaan yang Membosankan di Windows – Dunia komuputasi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk saat ini, jika tinjau dari segi operasi sisem yang digunakan di Indonesia, tentu banyak menggunakan operasi sistem Windows, kenapa dengan windows ? mungkin dikarenakan dari segi penggunaan yang mudah dan terbilang sudah familiar didalam ruang lingkup kita.

Namun seberapa seringkah Kamu melakukan pekerjaan atau tugas berulang-ulang di Windows ? pernah tidak Kamu membayangkan kalo yang tugas sehari-hari yang Kamu kerjakan bisa dilakukan dengan otomatis ? sekarang Saya akan memberikan jalan keluarnya untuk Kamu yang mungkin sudah bosan dengan pekerjaan yang sudah sering Kamu lakukan di Windows dengan berjalan secara otomatis dengan memanfaatkan salah satu aplikasi bawaan pada Windows yaitu Task Scheduler.

Cara Mengatasi Pekerjaan yang Membosankan di Windows

Dengan aplikasi bawaan dari Windows ini Kamu bisa melakukan hal-hal kecil yang sering Kamu kerjakan di Windows berjalan secara otomatis contohnya untuk membuat tugas yang sederhana sekali antara lain, mematikan komputer secara otomatis, menyalakan komputer, menghapus file atau folder secara otomatis. Nah kali ini Saya akan memberikan cara dasar untuk menggunakan Task Scheduler di windows. Jika Kamu belum tahu dengan cara menggunakannya, Kamu bisa melihat tutorial dibawah ini.

Hal-hal yang harus diperhatikan

  • Tutorial ini hanya bisa digunakan pada Komputer/laptop (Windows)
  • Tutorial untuk sementara dicoba di Windows 10
  • Tutorial ini bisa mempermudah Kamu untuk menjalankan windows secara otomatis
  • Sedikit keahlian dalam mengoperasikan komputer/laptop Windows.

Cara dasar menggunakan task scheduler di windows

Seperti yang sudah Saya jelaskan diatas, untuk aplikasi task scheduler yang ada pada Windows bisa memudahkan Kamu untuk melakukan pekerjaan di windows secara otomatis. Hal yang pertama diperhatikan disini adalah untuk melihat task scheduler pada Windows, jika Kamu pernah mengoprek-oprek tools ini, tentu Kamu sudah melihat beberapa task yang aktif. Semua itu dikarenkana pada program yang Kamu instal akan membutuhan hal-hal yang berjalan secara otomatis pada waktu tertentu. Misalkan pada sebuah aplikasi yang akan muncul notifikasi/pemberitahuan mengenai update ke versi barunya secara ototmatis.

Pada dasarnya Task Scheduler bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengirim email, dan juga bisa untuk menampilkan pesan. Nah jika masih bingung cara menggunakanya Kamu bisa mengikuti langkah berikut ini.

Langkah pertama – search the web and windows >> Task Scheduler

Kamu bisa membuka aplikasi Task Scheduler bawaan windows, karena Saya melakukan pada sistem operasi Windows 10, caranya dengan klik pada “Search the web and window” kemudia ketikan pada kolom tersebut “ Task Scheduler” lalu tekan tombol enter.

Langkah kedua – Task Scheduler >> Create Basic Task

Jika jendela Task Scheduler sudah muncul sekarang pilih Create Basic Task yang berada pada bagian kanan menu navigasi. Nah sekarang akan muncul jendela baru, pada kolom task Name dan Description, Pastikan untuk mengisi kedua kolom tersebut. Jika sudah terisi, klik Next.

Langkah ketiga – Menentukan tugas

Nah pada langkah ini adalah untuk menentukan tugas apa yang akan berjalan nantinya, Kamu bisa dengan mudah untu memilih waktu yang standart seperti harian dan mingguan, disamping itu Kamu juga bisa menjalankan tugas ketika Komputer Kamu menyala atau login. Jika sudah mengatur semua task yang bekerja seperti yang Kamu inginkan, lalu klik Next dan jika sudah mengatur waktu semua secara rinci Kamu bisa klik Next

Langkah keempat – Memilih tugas yang ingin dijalankan

Pada langkah keempat ini adalah Kamu bisa memilih tugas apa yang ingin Kamu jalankan, contoh untuk menjalankan program, mengirim email dan menunjukkna pesan. Jika sudah Kamu atur dan memilih tugas yang sesuai dengan Kamu inginkan, Kamu sekarang bisa klik Next untuk melanjutkan. Terakhir jika sudah yakin siap Kamu atur semua, sekarang Kamu bisa klik tombol Finish. Sekarang Kamu sudah bisa membuat tugas-tugas berjalan di Windows secara otomatis.

Begitulah cara dasar untuk menggunakan task scheduler untuk menjalankan tugas-tugas di Windows dengan menggunakan task scheduler, jika Kamu merasa sudah bosan dengan melakukan tugas itu-itu saja.

About The Author

Reply