Cara Membasmi Virus Shortcut di Flashdisk yang Terinfeksi

Cara Membasmi Virus Shortcut di Flashdisk yang Terinfeksi

Teknopoin.com – Siapa yang tidak takut jika komputer diserang oleh virus-virus yang membandel. Namun jika sudah terjadi bagaimana langkah cepat untuk mengatasi jika komputer Kamu telah teridentifikasi sudah diserang virus atau sering disebut dengan malware ? tentu langkah yang tepat adalah gunakan antivirus dengan performa yang baik dalam mencekal terhadap serangan yang berbahaya yang bisa merusak komputer Kamu.

Namun yang perlu Kamu ketahui jika bukan komputer Kamu yang diserang virus melainkan flashdisk yang telah diserang, bagaimana cara mengatasinya ? jika Kamu tidak memperhatikan kondisi flashdisk yang sudah terinfeksi oleh virus, ketika Kamu mencolokkan kedalam komputer Kamu, maka Komputer Kamu juga bisa jadi akan terjangkit virus sama halnya dengan flashdisk tersebut. Dan ujung-ujungnya akan menganggu komputer Kamu tentunya.

Sebenarnya dari dulu sampai sekarang virus shortcut kerap muncul pada flashdisk atau bisa jadi pada media lainnya yang bisa membuat jengkel para pengguna. Sebab dari munculnya virus ini adalah dikarenakan terinfeksi dan didatangkan dari media lainnya, komputer itu sendiri atau pun bagi yang sering menggunakan komputer rental seperti diwarnet, sehingga saat ditancapkan pada komputer yang memang benar sudah terserang virus maka akan terkontaminasi oleh virus dan terinfeksi pada flashdisk tersebut.

Namun cara mengatasinya pun tidak begitu sulit alias cukup mudah (sejauh mana virus itu sudah menyebar). Terkadang membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan scanning virus. Nah kali ini Saya akan memberikan sedikit mengenai cara menghilangkan virus shortcut di flashdisk yang sudah terinfeksi. Simak berikut caranya dan bisa Kamu terapkan pada flashdisk yang sudah kena virus shortcut.

Cara Membasmi Virus shortcut di flashdisk

  • Ambil flashdisk yang sudah terserang virus tadi, lalu tancapkan pada komputer Kamu.
  • Sekarang buka “file explorer“. pada bagian atas sebelah kiri Kamu bisa melihat ada opsi “File“. klik pada File lalu pilih “Change folder and search options“.( Sementara saya menggunaan windows 10), untuk selain windows tidak jauh beda cara nya, Kamu bisa menyesuaikan nya sendiri.
Cara Membasmi Virus Shortcut di Flashdisk yang Terinfeksi
  •  Pada halaman Folder Options, pilih view. Sekarang aktifkan “Show hidden files, folders, and drives” kemudian unchecklist pada “Hide protected operating system files (Recommended)”
Cara Membasmi Virus Shortcut di Flashdisk yang Terinfeksi
  •  Jika ada pemberitahuan seperti gambar dibawah ini, Kamu tinggal klik “Yes” saja.

 

Cara Membasmi Virus Shortcut di Flashdisk yang Terinfeksi
  •  Jika sudah Kamu lakukan langkah diatas, biasanya jika ada folder yang telah disembunyikan oleh virus akan muncul kembali, hanya saja memilki status semi-hidden. 
  • Cara melakukan untuk menjadi normal kembali, Kamu bisa membuka CMD (Command Prompt).

Cara Membasmi Virus Shortcut di Flashdisk yang Terinfeksi

  • Jika sudah terbuka jendela Command promt, sekarang ketik lokasi dimana flashdisk Kamu berada. Misalkan pada drive D, jadi ketik D: . Jika sudah selanjutnya ketikan attrib -s -r -h /s /d Seperti gambar dibawah ini. Lalu tekan enter.

Cara Membasmi Virus Shortcut di Flashdisk yang Terinfeksi

  • Selesai, sekarang coba Kamu cek kembali flashdisk apakah setiap folder sudah normal kembali ? jika sudah normal, sekarang hapus folder yang kamu anggap tidak jelas.

Nah cara diatas mungkin hanya bisa Kamu gunakan untuk mengembalikan kembali folder yang sudah tersembunyi oleh virus shortcut tadi, jadi jika Kamu mencolokkan kembali masih juga bervirus flashsdisk tersebut, Kamu bisa melakukan fullscan pada flashdisk dengan menggunakan antivirus misalkan smadav atau antivirus lainnya yang memungkinkan melakukan fullscan.

About The Author

Reply