Lampu Merah Akan Hilang Jika Ada Mobil Otomatis Ini

Lampu Merah Akan Hilang Jika Ada Mobil Otomatis Ini

Seiring perjalanan waktu, pengembangan teknologi semakin berkembang tidak ketinggalan juga dengan transportasi yang pengembangan dari mobil otomatis semakin menuju arah positif. Walaupun masih banyak terdapat kendala, namun mobil otomatis ini bakal memberikan solusi untuk kemacetan lalu lintas dijalan.

Nah jika memang benar adanya mobil otomatis suatu hari nanti, maka lalu lintas dijalan bakal berubah sesuai dengan permintaan.

Oleh karena itu, Sensable City dari Massachusets Institute of Technology, sangat menyadari dengan masalah yang akan dialami pada setiap lalu lintas, dan mengembangkan sebuah sistem yang bernama DriveWave yang dimana sistem ini akan mengatur mobil-mobil otomatis yang melintas di perempatan.

Seperti sebelumnya mobil otomatis ini juga sudah mulai bergerak berjalan, dimana Google melakukan simulasi untuk mengetahui sebesar mana dampak negatif yang akan ditimbulkan oleh mobil otomatis miliknya ini.

Baca : Mobil Tanpa Awak Milik Google Sudah Menjelajah 5 Juta Kilometer Setiap Hari 
Kesimpulannya adalah para peniliti kini menganggap nantinya jika mobil otomatis ini sudah bisa dijalankan sepenuhnya seharusnya dimana mobil otomatis ini sudah menguasai jalanan, sehingga tidak memerlukan lampu lalu lintas. Dengan begitu mereka akan aman terhindar dari tabrakan satu sama lain di jalanan. Dengan dihilangkan “lampu merah” mobil otomatis ini tidak akan berhenti pada perempatan jalan, hal ini akan memotong waktu perjalanan dan penjalanan tersebut akan lebih cepat.
Sesuai dengan isi artikel penilitian yang mereka rilis pada jurnal PLOS One, yang menyatakan bahwa keluaran ide mereka yaitu pada “perempatan jalan akan berbasis slot” akan menjadi sebuah sistem yang efektif ketimbang saat ini yang kita alami harus menunggu kendaraan di lampu merah. 
Hasil studi ini, mensimulasikan pada perempatan yang berbasis slot, bertujuan tak hanya untuk memotong waktu perjalanan, namun juga bisa mengurangi emisi gas yang mungkin sangat banyak habis sia-sia ketika macet terjadi karena terjebak pada lampu merah. Disamping itu juga kesalamatan pada lalu lintas juga menjadi prioritas setiap pengguna jalan, karena semakin pada lalu lintas semakin lebar jika pada perempatan sudah tidak diisi dengan lampu merah.
Masalah untuk saat ini adalah meski mobil otomatis ini sudah dilakukan uji coba berkali-kali sampai uji coba akhir, tentunya sistem ini dijalankan sangat banyak mobil otomatis yang telah turun ke jalan. Sistem ini masih digerakkan oleh manusia sebagai pengemudi, disini akan ada masalah dalam rusaknya sistem yang telah terstruktur, dengan begitu bisa saja akan menyebabkan kecelakaan, sehingga teknologi ini bisa jadi akan direalisasi dalam hitungan dekade.
Tags:

About The Author

Reply