Karena SMS Sudah dianggap Kuno, Google Mengakali dengan Rencana Ini

 Teknopoin.com – Mungkin saat ini untuk sebuah layanan komunikasi berupa pesan SMS ( short message service) pada ponsel mungkin sudah banyak yang tidak menggunakannya lagi atau bisa dikatakan sudah sangat jarang yang menggunakannya. Kalaupun yang menggunakan layanan SMS pada umumnya hanya orang tua saja, apa itu karena biaya orang sudah banyak tidak menggunakan layanan SMS atau entah ada alasan lain.

Dengan adanya koneksi internet pada era ini untuk semua perangkat khusunya untuk mobile, sehingga layanan SMS sudah tergantikan dengan layanan instan lainnya dan jejaring sosial. Dan dengan faktor terbatasnya fitur pada SMS seperti emoji dan tidak bisa menyertakan gambar, sehingga menjadi momok banyaknya orang untuk ditinggalkan oleh pengguna ponsel khususnya.

Untuk itu sekarang oleh Goole yang sudah bekerja sama dengan berbagai operator seluler besar didunia yang bergabung dalam GSMA, akan membuat perombakan teknologo layanan SMS yang sudah banyak menilainya sudah kuno atau ketinggalan zaman.

Seperti yang kita ketahui Google adalah sebagai pemilik sistem operasi Android itu, seperti yang Kami dapatkan informasi melalui laman KompasTekno dari Quartz, Rabu 24/02/2016. akan membuat layanan pesan SMS sesuai dengan Rich Communications Service (RCS).

Dengan diterapkan standart baru pada layanan SMS, kini akan ada beberapa fitur seperti layanan pesan instan lainnya, seperti halnya WhatsApp, Line. WeChat, dan Facebook Messenger dan lain-lain.

Nantinya SMS juga akan dterapkan untuk kedepannya akan ada fitur dimana pengguna bisa mengirim foto atau video dengan ukuran file yang besar, mampu membuat grup percakapan, dan juga bisa mengetahui dimana orang lain sedang menulis pesan.

Jika layanan SMS sudah berlaku sistem moderisasi ini, pastinya Google akan berada dipihak yang sama dengan operator  dalam melawan serbuan layanan over the top (OTT).

Bagi pengguna sudah bisa memanfaatkan dengan adanya standart baru ini, adalah dibidang bisnis sudah menggunakan layanan SMS kembali.

Untuk pengumuman kapan implementasi standart baru untuk SMS itu akan mulai diterapkan, namun oleh Google banyak berharap klien-klien operatornya sudah bisa meluncurkan pada akhir tahun ini.

About The Author

Reply