Cara Menghentikan Apps Secara Background di Windows 10

Teknopoin.com – Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja Windows 10,dengan cara menghentikan App/aplikasi yang berjalan di background secara otomatis.

Sudah tahukah Kamu dengan semua aplikasi di windows 10 bisa berjalan secara background atas dasar default ? memang sudah jelas di windows 10 semua aplikasi bisa berjalan secara background (default) untuk mendapatkan update live tile atau akan muncul notifikasi terbaru. Yang disayangkan adalah aplikasi tersebut berjalan tanpa Kamu menjalankannya. Sehingga dengan begitu otomatis Kamu tetap akan menghabiskan kouta, dan juga membuat komputer Kamu cepat kehabisan baterai dan kinerjanya akan lemot. Tetapi Kamu bisa mengatur pengaturan yang bisa membuat apkikasi berjalan secara background, dengan adanya cara berikut ini Kamu tentu bisa memilih aplikasi apa saja yang ingin Kamu gunakan nantinya.

Namun jika Kamu menginginkan menggunakan aplikasi yang universal, tentu Kamu tidak akan membutuhkan mereka berjalan selalu secara background, contohnya dengan aplikasi Get Office atau Phone yang bisa terus berjalan sekali pun Kamu sedang tidak menggunakannya.

Cara Menghentikan App di Windows 10 yang berjalan secara background

Pada dasarnya App di Windows 10 memilki permission untuk bisa berjalan secara otomatis di background dan secara default. Kemudian Ia juga akan memberikan notifikasi pada battery usage yang memperkirakan berapa banyak power yang tengah digunakan. Nah jika memang kamu merasa tidak membutuhkan dengan aplikasi yang berjalan tersebut, Kamu bisa dengan mudah menghentiaknnya dengan tutorial yang saya berikan dibawah ini

Buka menu settings

Buka menu setting yang ada di Start Menu atau dengan cara alternatif tekan tombol (WIN+I)

pilih privacy

Jika sudah tampak jendela settings, Kamu bisa memilih Privacy

Scroll kebawah – background apps 

Jika sudah arahkan kursor kebawah atau scroll kebagian bawah kemudian pilih background Apps.

pilih aplikasi yang tidak dibutuhkan – Off

Nah disini Kamu sudah bisa melihat daftar aplikasi-aplikasi apa saja yang tengah berjalan secara background. Seperti yang sudah Saya katakan diatas bahwa secara pengaturan default pada windows 10 pengaturan aplikasinya On, sehingga pastinya aplikasi tersebut bisa berjalan secara background. Sekarang Kamu sudah bisa mengatur aplikasi mana yang Kamu butuhkan dan jika tidak Kamu butuhkan bisa mematikannya menjadi Off

Namun akan ada efek samping dengan Kamu mengatur aplikasi secara background menjadi Off. Misalkan Kamu sudah mematikan Mail, maka Kamu tidak akan ada pemberitahuan mengenai dengan email yang masuk. Dan dengan aplikasi alarm juga jika Kamu mematikannya, maka setiap pagi atau setiap Kamu menentukan waktu untuk membangunkan Kamu, alarm tidak bisa bekerja dengan semestinya.

Nah jika memang Kamu tidak terlalu menggunakan aplikasi di windows atau mengutamakan di ponsel seperti alarm, pengaturan ini sangat cocok buat Kamu untuk meningkatkan kinjerja komputer supaya tidak lemot dan untuk menghemat kouta internet Kamu tentunya. Semua itu kembali kepada Kamu masing-masing mau memilih bagaimana. Terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat. Jika bingung tanya saja di kolom komentar dibawah ini.

About The Author

Reply