Android Sudah Menjadi Inti dari Perangkat Hiburan di Pesawat

Android Sudah Menjadi Inti dari Perangkat Hiburan di Pesawat

Teknopoin.com -Sebagai sistem operasi yang terbuka luas (opern Source), sistem operasi Android bisa dijalankan atau diaplikasikan ke segalan jeis perangkat, dan kini juga sudah diaplikasikan pada perangkat yang dimilki oleh pesawat terbang ( in-flight entertaiment/IFE).

Seperti yang diketahui, didalam kabin pesawat milik Qatar dengan jenis Airbus A350 dan A380 Airways, ketika olelh tim KompasTekno sempat mengunjungi nya pada ajang Singapure Airshow 2016, yang ditempatkan pada Changi Exbition Center kemarin Selasa 16/2/2016.

Oleh awak kabin sempat memperkenalkan berbagai fitur serta fasilitas yang ada didalam kabin pesawar A350 dan  A380 kepada para tour, termasuk diperkenalkan juga dengan peranti IFE untuk pengendalian jarak jauh menggunakan (remote control).

Perangkat IFE didukung oleh Thales dan OS-nya dengan sistem operasi Android, seperti yang diungkapkan oleh awak kabin. Thales merupakan sebagai distributor peranti-peranti elektronik pada bagian penerbangan dan juga cukup terkenal sampai saat ini. Portofolio yang dimilki oleh Thales sendiri sudah menyediakan diantarnya sistem konektivitas serta layanan inter-koneksi yang ada didalam pesawat.

Nah untuk jenis IFE, Thales sendiri sudah mengembangkan  Thales InFlyt Experience yang sudah dibangun diatas arsitektur berbasis Android dengan sebutan AVANT. dan Boeing, dan juga termasuk A350 XWB dan B787 di dalamnya.

Kenapa IFE lebih memilih sistem operasi Android ? sebab dnegan sistem Android antarmukanya sudah familiar dan mudah dipahami oleh banyaknya pengguna di seluruh dunia.

Disamping itu, selain unit layar IFE, pada kabin juga terdapat remote kontrol yang juga sudah disematkan operasi sistem Android didalamnya. Remote dengan ukuran 5 inci tersebut berfungsi untuk menampilkan menu-menu IFE, jadi sekarang penumpang sudah bisa lebih mudah menjelajah antarmuka pilihan menu sambil santai, baik bersandar maupun selagi tiduran di kursi, tidak repot-repot untuk meranjak bangun untuk meraih layar.

Android Sudah Menjadi Inti dari Perangkat Hiburan di Pesawat

Untuk cara penggunaan dari peranti IFE dan remote kontrol buatan Thales ini juga sangat mudah, layaknya menggunakan atau mengoperasikan tablet atau ponsel Android kelas menengah.

About The Author

Reply