Kenapa Telkom Sempat Memblokir Layanan Netflix ? Ini alasannya

Kenapa Telkom Sempat Memblokir Layanan Netflix ?



Teknopoin.com – Baru-baru ini layanan untuk menonton streaming film di Netflix sudah resmi diblokir oleh penyedia layanan internet yang terbesar di Indonesia adalah milik Telkom (Indihome) pada Rabu 27/1/2016 mulai dari pukul 00:00. ISP tersebut adalah menjadi bagian yang pertama di Indonesia dalam memblokir Netfilx.

Namun sebelumnya banyaknya pengguna indihome sempat mengeluhkan dengan adanya kendala saat ingin mengakses layanan nonton film streaming di Netflix pada saat waktu paginya. Seperti informasi yang Kami dapatkan pada laman KompasTekno. Menurut Direktur Consumer PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Oleh Dian Rachmawan mengungkapkan bahwa alasan memblokir layanan Netfilx dari IndoTelko adalah karena tidak memenuhi regulasi di Indonesia, seperti halnya pada layanan tersebut adanya konten yang tidak bisa dikonsumsi oleh publik, seperti konten pornografi.

Telkom sendiri membatasi layanan Netflix tersebut untuk semua saluran pelanggannya termasuk bagi pengguna yang menggunakan layanan Indihome, WiFi.id serta Telkomsel.

“Kami memblokir layanan Netflix ini karena tidak ada izin dan tidak sesuai dengan aturan di Indonesia dan didalamnya banyak termuat dengan konten-konten yang tidak seharusnya bisa dikonsumsi di negeri ini” Celoteh Dian.

“Kami adalah salah satu badan usaha milik negara (BUMN), seharusnya Kami haru memberikan contoh yang baik untuk menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam dunia bisnis sekalipun” Ungkap pula Ia-Nya.

Dian juga sempat mengajukan syarat jika Netflix ingin memberikan kerja samanya di Indonesia, yaitu dengan syarat mampu untuk bekerja sama dengan operator seperti halnya dengan yang dilakukan oleh layanan satu ini dengan negara-negara lainnya.

“Kalau memang ingin bekerja sama dengan Kita, bisa langsung Kita kelola Netflix dengan melalui platform over the top (OTT) yang sudah dimilki Telkom” katanya/

Dian sendiri mengaku atas langkah pemblokiran yang dilakukan terhadap Netflix pada jarinagan Indihome tidak akan mempengaruhi pelanggan mereka, karena jumlah pengguna Indihome yang ingin mengakses Netflix masih sangat sedikit.

Kata Dian” Mumpung masih sedikit, jadi kita ajarin mereka untuk ikut aturan yang ada disini”.

About The Author

Reply