Ternyata 7 Makanan Ini Mengandung zat Radioaktif

Ternyata 5 Makanan Ini Mengandung zat Radioaktifa teknopoin


Teknopoin.com – Sudah pernahkan Kamu mendengar dengan namanya zat radioaktif ? Zat radioaktif biasanya dikenal jika ada hubungannya dengan berbagai teknlogi persenjataan seperti pada  teknologi nuklir, misalkan pada Uranium dan Plutonium. Zat radioaktif pada uranium tergolong zat yang sangat berbahaya bagi tubuh kita (manusia), karena dari pacaran radiasi bisa membuat memutasi sel tubuh seseorang. Dampak buruh tersebut bisa terjadi penyakit bermacam-macam, mulai dari penyakit ringan hingga bisa menyebabkan kematian seperti penyakit kanker.

Namun sudah tahukah Kamu bila ada makanan yang saat ini kita konsumsi sehari-hari yang pernah Kamu temui di pusat perbelanjaan atau supermarket yang mengandung zar radioaktif ? tidak usah kaget, karena sangat wajar jika ada makanan yang mengandung radioaktif dan hampir semua makanan ada yang mengandung zat radioaktif.

Advertisement

Sebenaranya setiap makanan itu mengandung karbon yang secara alami yang tersusun dari gabungan isotop yaitu unsur yang memilki nomor atom sama tetapi dengan massa yang berbeda. Dan salah satu dari isotop itu bersifat radioaktif, contohnya pada karbon -14. Nah karbon -14 disini adalah zat radioaktif yang digunakan untuk mencari tahu berapa umur sebuah fosil. Sekarang timbul pertanyaan, makanan apa saja yang memiliki kandungan zat radioaktif yang pernah kita konsumsi sehari-hari ? untuk jawaban yang tepat berikut makanan yang mengandung radioaktif yang harus Kamu ketahui.

7 Makanan Yang Mengandung Zat radioaktif 

Sekarang Barulah kita akan membahas lebih lanjut mengenai beberapa makanan yang memiliki kandungan Radioaktif di dalamnya. Berikut Daftar Makanan tersebut:

1. Selai Kacang

selai kacang teknopoin

Bagi yang suka dengan selai kacang sudah tahu dengan kandungan yang ada pada selai kacang ? Harus Kamu tahu bahwa selai kacang dapat memancarkan radiasi sampai 0,12pCi/g. Kandungan radiasi yang dihasilkan adalah oleh isotop potasium-40, radium-226, dan radium-228. Tapi Kamu yang suka menggunakan selai kacang dalam makanan tidak perlu bimbang dan takut, karena zat radioaktif ini tidak terlalu berbahaya didalam tubuh kita, biasanya zat tersebut akan berhenti memancarkan radiasi dalam waktu kurang dari 10 tahun.
Teori radium ini ditemukan dan dikemukakan sendiri oleh seorang ilmuwan marie Curie beserta suaminya yang bernama Pierre Currie pada tahun 1898, dengan adanya penemuan tersebut, sekarang namanya diabadikan pada bagian satuan radiasi Curie.

2. Daging merah

daging merah teknopoin

Siapa yang tidak pernah mengosumsi daging merah bukan ? ternyata didalam daging merah yang segar mengandung zat yang bisa mengeluarkan radiasi sampai 3000pCi/kg. Kandungan radiasi tersebut mengandung isotop potasium-40. isotop yang dimaksud ini memliki umur dalam jangka yang cukup lama, dengan umur yang mencapai lebih dari 1,2 miliar tahun.

Tetapi hasil dari penelitian membuktikan bahwa jika bukan karena radiasi membuat daging merah berbahaya, daging merah juga mengandung lemak, dan juga hal yang baik dari daging merah adalah memiliki kandungan kaya dengan protein dan zat besi yang sangat baik diterima oleh tubuh kita.

3. Garam Dapur

garam dapur teknopoin

Garam tidak bisa kita pisahkan lagi di dunia dapur, dan garam juga ditawarkan pada meja makan jika direstoran. Namun siapa sangka ternyata garam juga mengandung zat radioaktif isotop karena ada kandungan potasium klorida. Dengan demikian daya pancara radiasi pada garam sama dengan pada daging merah, yaitu 3000 pCi/kg.

Jika Kamu ingin garam dengan kadar radiasi yang lebih tinggi, Kamu bisa menggunakan garam tanpa sodium. Garam tersebut tidak terlalu asin rasanya, tapi jenis garam tersebut biasanya sangat banyak mengadung potasium klorida, sehingga tingkat radioaktifnya lebih tinggi.

4. Kentang

Kentang teknopoin

Kentang adalah makanan yang sering kita jumpai sebagai makanan ringan yang semua orang menyukainya. makanan kentang diolah sehingga menjadi berbagai macam jenis makanan baik makanan ringan seperti chitatos dan sebagainya atau menjadi sebagai pengganti nasi yang diolah semakin enak dicicipi. Tapi siapa duga, kentang yang kita makan sehari-hari memilki kandungan radioaktif berupa radin-226 dan potasium-40.

 5. wortel

wortel teknopoin

wortel adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin A, yang sangat bagus dikonsumsi untuk menjaga penglihatan Kamu. Tetapi wortel sama dengan kentang mengandung radon-226 dan potasium-40 hingga 3.400 pCi/kg.

Uniknya disini, oleh ilmuwan asal Korea ini menggunakan radon untuk meprediksi gempa bumi, caranya adalah dengan meiliti konsentrasi radon yang ada di dalam tanah. Jika ada anomali serta kenaikan jumlah radon secara tidak terduga, pertanda akan ada gempa bumi.

6. Pisang

pisang teknopoin

Mungkin sangat disarankan, apabila Kamu hendak ingin berpergian jika menggunakan jalur udara yaitu pesawat, sebaiknya tidak membawa pisang didalam koper atau tas apasaja. dampak dari pisang yang mengandung tingkat radiai yang cukup untuk memberikan sinyal untuk alarm, sehingga alarm bisa berbunyi pada bandara.

Pada pisang juga mengandung isotop radioaktif radon-226 serta tingkat radiasi 1 pCi/kg dan potasium-40 dengan tingkat radiasi 3.520 pCi/kg. Namun tidak usah khawatir, pisang tidak berbahaya, dengan tingginya tingkat potasium pada pisang malah membuat pisang menjadi lebih bernutrisi jika dikonsumsi.

7. Kacang Brazil

kacang brazil teknopoin

Kacang Brazil menurut penilitian para ilmuwan mengemukakan bahwa kacang brazil memilki kadar radioaktif yang cukup tinggi dari berbagai makanan lainya didunia. Sebab kacang ini memilki jumlah radiasi sampai 6.600 pCi/kg. Sangat beruntung sekali dengan tingkat radiasi yang tinggi, tubuh masih bisa menerimanya.

Radiasi pada kacang brazil paling utama dihasilkan oleh potasium dan radium. secara umun, potasium memang banyak terdapat pada makanan, sedangkan dengan radium merupakan asal pertama dari tanah dan masuk ke tanaman melalui akar-akar.

Nah itulah beberapa makanan yang bersifat radioaktif, mulai dari selai kacang, daging merah, sampai dengan kacang brazil sangat bagus untuk dikonsumsi dan sangat bagus untuk tubuh yang berperan sedikit demi sedikit memiliki kadar radioaktif tanpa kita sadari bersama.

Tags:

About The Author

One Response

  1. nanda 29, Agustus 2016 Balas

Reply