Tips untuk Memperbaiki Disk Usage 100% di Windows

Empat Tips untuk Memperbaiki Disk Usage 100% di Windows

Teknopoin.com – Masalah yang sering kita dapati dengan laptop atau komputer adalah rusak yang biasa disebut dengan hang, sebenarnya apa sih penyebabnya ? Pada umumnya bagi pengguna Windows sangat sering mengalami dengan hal tersebut, tetapi menurut informasi yang Kami dapat, Kamu tidak akan merasakan dengan kejadian yang tidak mengenakan itu jika menggunakan operasi windows 8.x dan Windows 10. Nah kenapa pula selain itu komputer atau laptop sering mengalami hang ?

Menurut informasi yang Kami kumpulkan usut punya usut, ternyata ulah semua yang terjadi pada komputer kamu adalah sistem drive kamu berjalan dengan tingkat tinggi 100%. Ini sangat tidak bagus jika terjadi pada komputer atau laptop. Pada versi terbaru windows adalah memiliki dengan masalah drive yang bekerja lebih ekstra, dengan demikian akan memperlambat kinerja sistem operasi pada windows, dan masalah ini akan timbul dampak masalah serius pada HDD dan SSD.

Nah jika Kamu salah satu yang memiliki dengan masalah yang sudah Saya sebutkan diatas, Saya akan memberikan sedikit tutorial cara memperbaiki disk usage 100% pada Windows.

Cara Memperbaiki Disk Usage 100% pada Windows

#01 – Check Disk Usage Dahulu

Untuk langkah yang paling awal jika Kamu merasa kinerja dengan komputer Kamu sekarang sudah melambat, Kamu sekarang bisa mengecek dengan performa pada disk usage. Permasalah yang sering muncul dengan kinerja sangat sering terjadi karena Search pada Windows atau bisa Kamu dapatkan fitur tersebut dengan menekan “Window + Q”.

Jadi untuk mengetahui dengan masalah pada disk usage, Kamu sekarang bisa melihat nya dengan menekan tombol “Ctrl + Alt + Del” Kemudian pilih Task Manager. Dan ingat, disini Kamu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuka Task Manager, dikarenakan kinerja komputer atau laptop Kamu sedang lemot alias molak.

Empat Tips untuk Memperbaiki Disk Usage 100% di Windows

Jika sudah muncul jendela Task Manager, Kamu bisa memilih Processes pada Tab utama, kemudian klik kolom Disk. Saat ini jika Kamu mengalami masalah dengan drive performance, maka akan muncul nilai 100% dengan warna merah pada disk pertanda disk sudah mencapai tingkat yang tinggi.

Dengan demikian untuk mengatasi dengan hal tersebut, Kamu bisa melakukan langkah langkah berikut ini untuk memastikan masalah yang Kamu alami bisa terselesaikan.

#02 – Kemungkinan Malware atau Virus Sudah Menguasai Komputer Kamu

Sudah tidak bisa kita elakkan dengan masalah yang satu ini, banyak pengguna merasa tidak nyaman jika virus yang rentan terhadap kerusakan menganggu pengguna saat mereka sedang melakukan aktifitas dengan komputer atau laptop mereka. Hal pertama yang bisa Kamu tanggani adalah memastikan apakah komputer Kamu sudah diserang oleh malware atau tidak. Salah satu software yang bisa menanggani masalah ini adalah software anti virus baik itu dalam versi berbayar atau tidak. Beruntungnya bagi Windows sudah menyediakan antivirus sendiri adalah Windows Defender yang bisa menanggani masalah tersebut dengan sering update, meskipun drive yang dibebani oleh proses pemindahan atau scaning.

Empat Tips untuk Memperbaiki Disk Usage 100% di Windows

Nah jika ancaman telah ditemukan, Kamu harus menyegera untuk menghapus semua file yang dianggap malware kemudian lakukan restart sebelum proses pemindahan atau scaning diteruskan. Dengan langkah ini mungkin masalah dengan kinerja pada komputer atau laptop Kamu bisa terselesaikan. Jika masih bermasala, Kamu bisa melihat dengan solusi dibawah ini.

#03 – Matikan Fitur Windows Search Untuk Meningkatkan Disk Performance

Disamping itu masalah yang sering muncul juga adalah dengan windows search. Pada windows 8 dan 10 ada sebuah bug yang juga sering disebut dengan Search lopp yang berfungsi untuk meningkatkan load pada system drive.

Jadi untuk menghentikan hanya sebentar saja sampai windows reboot, dengan cara buka command prompt (Admin) dengan klik pada kiri start menu dan ketikan perintah seperti dibawah ini
net.exe stop “Windows search”

Sekarang untuk memastikan apakah Windows search atau indexing secara permanen, tekan Windows + R dan ketikan “service.msc” kemudian Enter. Pada windows servive buka windows search sehingga akan terbuka windows search properties. Tepat dibawah startup type, kemudian pilih Disabled. Sekarang Kamu bisa klik atau pilih stop supaya service mati. Klik Ok untuk menyimpan perubahan.

Empat Tips untuk Memperbaiki Disk Usage 100% di Windows

Jika sudah melakukan langkaj diatas, otomatis windows 8x atau windows 10 akan meningkatkan kinerja pada komputer. Nah jika masih belum puas dengan kinerja sekarang Kamu bisa melakukan dengan langkah dibawah ini.

#04 – Atur Disable XX Service

Hal yang mungin jarang kita ketahui adalah dengan XX Service pada Windows. Yang merupakan salah satu alasan masalah terhadap kinerja pada komputer yang membuat lambat di windows 8x dan windows 10, untuk mengatasi masalah dengan fitur yang satu ini adalah Kamu bisa membuka Command Prompt kemudian ketikakan perintah seperti dibawah ini.
net.exe stop superfetch

Empat Tips untuk Memperbaiki Disk Usage 100% di Windows

Pada tahap ini, Kamu harus menunggu beberapa saat, karena pada tahap ini membutuhkan waktu untuk meningkatkan kinerja pada komputer atau laptop Kamu. Penting untuk diperhatikan disini adalah, Kamu jangan lupa untuk menjalankan Check Disk di Command Prompt :

chkdsk.exe /f /r

Nantinya jika sudah selesai, Kamu akan diperintahkan untuk melakukan reboot untuk menyelesaikan proses Check Disk, pada tahap ini pastikan aplikasi yang terbukan dapat ditutup kemudian simpan terlebih dahulu data yang sedang Kamu kerjakan sehingga tidak terjadi hilang data nantinya.

Apabila benar dengan cara diatas Kamu belum puas dengan peningkatan kinerja pada komputer sekarang, Kamu tidak salahnya untuk melanjutkan dengan solusi yang Saya berikan dibawah ini demi meningkatkat kembali kinerja komputer yang sudah melambat.

#05 – Coba untuk Mengecek Flash

Paling umum kita dapatkan masalah mengenai dengan kinerja komputer yang menurun adalah salah satu yang paling rentan terjadi berasal dari Flash. Memang sangat jarang sekali sekali sekarang untuk melihat flash dikarenakan flash salah satu aspek seperti saya sebutkan diatas paling rentan terjadi. Dan efek dari pada masalah tersebut adalah pada hard disk usage 100% pada Windows 10 dan ketika Kamu menggunakan browser google chrome.

chrome://plugins 

Jika ingin melihat plugin flash player, Kamu bisa melihat pada video atau game yang sudah disematkan flash.

Empat Tips untuk Memperbaiki Disk Usage 100% di Windows

Kamu sekarang bisa menghentikan flash tersebut dengan cara klik tombol Disable dari Adobe Flash Player sampai ia bewarna abu-abu. Disini Kamu harus menunggu beberapa saat untuk menjalankan proses disable tersebut kemudian Kamu bisa mengecek Task Manager. Nah sekarang masalah kinerja pada Komputer akan teratasi, sekarang Kamu bisa melakukan restart browser Google Chrome, jika masalah masih belum teratasi.

#06 – Keadaan Disk Usage Dalam Keadaan 100%

Jika dengan beberapa cara diatas sudah Kamu lakukan dan Disk Usage pada komputer Kamu masih tetap berulah (Disk Usage 100%), maka masalah yang timbul sekarang bisa saja pada hardware yang Kamu gunakan sekarang. Menurut pengalaman Kami sendiri untuk masalah disk usage ini kami beranggapan bahwa terjadi kerusakan pada bad sector atau pada hard disk, ternyata setelah Kami selidiki adalah PSU yang mengalami kerusakan.

Empat Tips untuk Memperbaiki Disk Usage 100% di Windows

Jika terjadi kerusakan pada hard disk, bisa jadi hard disk yang Kamu gunakan sudah berumur dan pastika Kamu harus menyiapkan dengan yang baru untuk menggantikannya, jangan dianggap sepele dengan masalah pada hard disk, karena jika tidak diperhatikan akan mendapat dampak pada hard ware lainnya. Selain itu jika ada masalah dengan windows defrag tool adalah ketika Kamu mencoba untuk melakukan defrag hard disk tetapi Kamu menggunakan SSD, Kamu berada pada masalah yang cukup serius. Namun solusinya Kamu bisa melakukan mematikan semua task scheduler disk defrag dengan cara menekan tombol “Window + Q” kemudian masukkan task schedule dan disablekan semua.

Jika Kamu yang pernah mengalami dengan masalah disk usage 100% pada windows 10, dan memiliki solusi selain diatas, jangan lupa dibagi solusinya oke, Mungkin bisa membatu teman lainnya. Terimakasig telah berkunjung semoga bermanfaat.

Tags:

About The Author

Reply