Cara Memblokir Website Tertentu di Komputer/Laptop (Windows)

Cara Memblokir Website Tertentu di Komputer/Laptop (Windows)

Teknopoin.com – Jika Kamu orang tua yang tidak ingin adik atau anak mengakses konten yang tidak layak mereka konsumsi, pilihan yang tepat untuk mengantisipasinya adalah memblokir salah satu website tertentu yang memang berbau dewasa atau karena lainnya. Tentu jika untuk mengawasi setiap hari apa yang dibuka saat terkoneksi dengan internet sudah tidak mungkin kita lakukan selain yang saya katakan sebelumnya adalah memblokir situs-situs tertentu pada komputer yang sering digunakan oleh anak atau adik Kamu.

Sebelumnya Kami sudah membagikan tutorial (Baca: Cara mengatasi internet positif saat membuka kumpul bagi di Windows).   Nah sekarang Saya akan membagikan bagaimana cara untuk memblokir website tertentu dengan memanfaatkan fitur yang ada pada windows sendiri tanpa harus menggunakan software tertentu atau tools lainnya hanya untuk memblokir sebuah website tertentu. Berikut cara untuk memblokir website tertentu yang tidak layak dikonsumsi baik itu adik maupun anak Kamu.

Cara Memblokir Website Tertentu supaya tidak Bisa DiaksesJika Kamu salah satu yang menggunakan koneksi internet dirumah, tentu jangkauan dengan anak yang selalu menggunakan komputer masih bisa kita kontrol. Cara ini sangat cocok digunakan bagi yang menyediakan jasa internet seperti warung internet (warnet) untuk mengantisipasi pengguna untuk membuka website yang berbau dengan pornografi, dengan demikian sedikit tidaknya bagi yang penyedia tersebut sudah menyelamatkan citra untuk anak-anak dan pengguna lainya. Khusunya bagi Kamu orang tua juga bisa membuat pengaturan pada komputer si anak atau adik kecil untuk memblokir website tertentu untuk menjaga mereka dari perbuatan asusila yang bisa merugikan orang lain. Seperti yang sudah Saya jelaskan diatas menggunakan cara ini Kamu bisa memanfaatkan File Host yang sudah tersedia di Windows, jadi Kamu tidak usah untuk mengintal sofware lainnya.

Hal-hal yang harus diperhatikan

  • Tutorial ini hanya bisa Kamu gunakan jika untuk komputer (windows)
  • Komputer dengan koneksi internet untuk memastikan tutorial ini work 100%
  • Tutorial dibawah ini dilakukan pada Windows 10
  • sedikit keahlian dalam mengoperasikan komputer.

Langkah – 01

Untuk langkah pertama, Kamu bisa membuka Notepad dengan cara pada search Kamu bisa ketikan “Notepad” kemudian klik kanan pilih Run as Administrator.

Cara Memblokir Website Tertentu di Komputer/Laptop (Windows)

Langkah – 02

Jika Notepad sudah muncul, Kamu pilih File yang berada pada pojok kiri atas kemudian ikuti pilihan : Open – dan masuk ke local disk C:Windows – System32 – drivers – etc
pastikan Kamu memilih file name dengan format All Filesyang berada dibawah sudut kanan.

Cara Memblokir Website Tertentu di Komputer/Laptop (Windows)

Langkah – 03

Nah pada langkah keempat ini, Kamu sekarang bisa untuk mengarahkan URL sebuah website yang ingin Kamu blokir ke IP 127.0.0.1 Contoh misalkan Saya akan memblokir Twitter ( twitter.com dan www.twitter.com), maka kamu hanya menambahkan saja di note pada tadi seperti dibawah ini

127.0.0.1 twitter.com
127.0,0,1 www.twitter.com

Cara Memblokir Website Tertentu di Komputer/Laptop (Windows)

Terakhir

Jika sudah Kamu bisa menyimpan dan kemudian menghapus cache pada browser. dan buka web yang sudah Kamu blokir tadi seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Cara Memblokir Website Tertentu di Komputer/Laptop (Windows)

Catatan:
Jika saat Kamu tidak bisa menyimpan atau gagal menyimpan di notepad, coba untuk mematikan antivirus untuk sementara untuk menyimpan notepad tadi. Jika sudah berhasil menyimpan, baru nyalakan kembali antivirus seperti biasanya.
Sekarang Kamu bisa mencoba untuk mengunjungi website twitter, tentu Kamu tidak dapat mengakses wesite tersebut karena telah terblokir.

Pengaturan pemblokiran ini berlaku untuk semua account pengguna windows tanpa terkecuali baik itu Kamu yang administratornya. Jika ada yang tidak jelas dengan tutorial diatas, Kamu bisa meningalkan komentar dibawah ini. Terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat.

About The Author

Reply