Tips Membuat Password Tidak Mudah Diretas Ala Microsoft

Tips Membuat Password Aman dan Kuat Refernsi Microsoft

Teknopoin.com – Keamanan akun sudah menjadi perhatian yang paling penting saat ini, karena seperti yang kita ketahui sekarang banyak yang membajak akun pribadi tertentu dikarenakan juga lengah terhadap gerbang securitynya. Semua itu juga disebabkan oleh seberapa kuatnya tingkat keamanan dari segi password yang Kamu gunakan. Lalu seperti apa sih password dengan tingkat keamanan yang kuat itu ? Berikut bocoran dari pihak Microsoft kiat-kiat membuat password yang kuat dan aman.

Berikut Cara Membuat Password Aman dan Kuat Versi Microsoft 

 

01 – Password dengan beberapa karakter

Untuk cara pertama membuat password tidak mudah dibajak, Kamu bisa menggukan password yang panjang dan minimal dengan 8 karakter. Dijamin susah untuk diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

02 – Password tersedia kompleks

Untuk cara kedua membuat password tidak mudah dibajak, Kamu harus menggunakan kombinasi antara huruf besar atau kecil, tanda baca, simbol, dan angka. Setidaknya dalam password Kamu tersedia dengan tiga kombinasi saja sudah cukup untuk meningkatkan keamanan akun.

03 – Sering untuk diperbarui

Untuk cara yang ketiga membuat password tidak mudah dibajak, ini adalah yang sering tidak diperhatikan oleh pengguna akun sendiri, entah mungkin karena malas untuk gonta ganti password atau ada alasan tertentu dari si pengguna akun. Seharusnya Kamu harus mengubah password dalam jangka 3 bulan sekali, atau untuk mudahnya Kamu bisa membuat reminder dalam mengubah password baik itu email, e-banking, dan berbagai akun penting lainnya supay tidak akan lupa untuk memperbaruinya.

04 – password dalam bentuk variasi

Banyak pengguna akun membuat password satu akun dengan akun lainya tentu sama, dengan alasan mudah diingat dan tidak lupa tentunya. Ini merupakan salah besar bagi pengguna akun yang menggunakan password yang sama dengan akun yang lainya. Peretas sangat menyukai dengan pengguna akun yang seperti ini, dengan mencuri dari website yang security nya lemah dan menggunakan password tersebut untuk masuk ke akun korban. Nah supaya akun Kamu lebih aman, Kamu harus menggunakan password dengan karakter dan jenis berbeda setiap akun yang Kamu punya, khususnya untuk akun pribadi seperti email, e-banking dan lain sebagainya.

05 – Menguji kekuatan password

Jika Kamu tidak tahu apa sudah kuat dengan akun yang Kamu gunakan sekarang, sekarang Kamu bisa mengujinya dengan Password checker yang merupakan tool dari Microsoft. Kamu setidaknya sudah bisa memastikan sudah memilki tingkat kekuatan dengan tingkat strenght Strong/Best. 
Menguji kekuatan password

06 – Menghindari dari kesalahan umum

untuk cara membuat password tidak mudah dibajak yang terkhir adalah menghindari dari pada kesalahan mumum ketika membuat password sebuah akun seperti :
  • Menggunakan kata yang tersedia di dalam kamus 
  • Menggunakan kata yang disingkat 
  • Menggunakan istilah dari sebuah singkatan misalkan contohnya “persen” menjadi “%” dan lain sebagainya.
  • Menggunakan karakter yang berulang-ulang misalnkan contohnya 22244422244, 334455566, abcdefghi, atau berurutan sesuai dengan keyboard misalkan contohnya zxcvbnm, asdfghjkl dan lain sebagainya
  •  Menggunakan kata yang mudah ditebak misalkan contohnya tempat lahir, tempat tinggal, tanggal lahir, dan sebagainya.
Hanya itulah tips yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan tingkat keamanan sebuah akun yang Kamu anggap itu penting. Terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat.
Tags:

About The Author

Reply