Cara Mengembalikan File/Data yang Terhapus Permanen di Windows (Komputer/Laptop)

Cara Mengembalikan File/Data yang Terhapus Permanen di Windows (Komputer/Laptop)

Teknopoin.com – Kehilangan sebuah file baik itu dilakukan dengan sengaja atau tidak dalam kehidupan sehari-hari tentu pernah terjadi dalam hidup Kamu bukan ? Mungkin file yang sudah Kamu hapus tadi pertamanya tidak penting dan untuk seketika menjadi sangat penting, sampai bagaimana cara file tersebut harus Kamu dapatkan kembali.

File yang sudah terhapus dengan sengaja atau tidak, akan hilang secara permanen. Dan ada kemungkinan besar file tersebut bisa Kamu ambil kembali khususnya bagi pengguna Windows. Window sangat memperhatikan penggunanya dari segi menjaga file-file sudah dihapus dan bisa diambil kembali melalui aplikasi pihak ketiga mereka yaitu dengan aplikasi Recycle Bin. Dengan aplikasi tersebut jika Kamu mendelete atau menghapus sebuah file tertentu, secara otomati aplikasi tersebut akan menampung file yang tadinya Kamu hapus, sehingga Kamu bisa menggunakannya kembali jika merasa file itu penting dengan cara Restore pada file yang Kamu maksud atau yang Kamu hapus tadi.

Bagi pengguna Windows beruntung file yang terhapus masih tersimpan pada Recycle Bin, nah jika file yang Kamu hapus tersebut juga ikut terhapus pada Recylce Bin, tentu Kamu tidak bisa mengembalikan bukan ? Nah untuk mengembalikan file yang sudah terhapus permanen, Saya akan memberikan sedikit tutorial mengenai dengan kejadian diatas adalah file terhapus secara permanen. Kamu bisa mengikuti langkah demi langkah yang Saya jelakan berikut ini.

Hal-hal Yang Harus diperhatikan

  • Tutorial ini hanya bisa Kamu gunakan pada Laptop/Personal Computer (PC)
  • Kamu sebelumnya sudah mengunduh aplikasi PC inspector File Recovery
  • Sedikit keahlian dalam menggunakan Komputer atau PC tentunya.

Cara Mengambil Kembali File yang Hilang secara Permanen di Laptop/PC

Kegunaan dari pada cara mengambil atau mengembalikan file yang terhapus secara permanen ini adalah sebagai berikut: Cara ini bisa Kamu gunakan karena file yang Kamu anggap penting terhapus secara tidak sengaja tentunya, dan cara ini bisa Kamu gunakan jika ada kesalahan atau error dengan Komputer/Laptop yang kamu gunakan, sehingga file penting yang ingin Kamu gunakan hilang secara permanen.

Langkah – 01 

Untuk Langkah pertama, pastikan pada Komuter Kamu sudah terinstal aplikasi yang Saya maksud kan diatas adalah PC inspector File Recovery. Jika Belum Punya Kamu bisa Download DISINI

Jika sudah Kamu download, sekarang instal aplikasi tersebut seperti biasanya. Jika sudah, jalankan aplikasi tersebut. Nah jika sudah terbuka, Kamu akan melihat dengan 3 pilihan yang disediakan PC inspector File Recovery.

  • Pertama : Recover deleted files
  • Kedua : Find lost data
  • Ketiga : Find lost drive

Kamu bisa memilih pada pilihan ketiga “ Find deleted files”.

Cara Mengembalikan File/Data yang Terhapus Permanen di Windows (Komputer/Laptop)

Langkah – 02

Pada langkah ini Kamu bisa melihat beberapa macam local disk/drive yang ada pada komputer/laptop Kamu. Nah pada tutorial ini Saya akan mencoba mengembalikan file yang sudah terhapus pada Local disk D.Jika sudah memilih salah satu local disk/drive untuk mengembalikan file, lalu klik pada tombol centang hijau yang berada pada sudut bawah sebelah kanan.

Cara Mengembalikan File/Data yang Terhapus Permanen di Windows (Komputer/Laptop)

Langkah – 03

Pada langkah ketiga ini, Kamu bisa menunggu proses scanning. Jika file Kamu sangat banyak mungkin membutuhkan waktu yang tidak sedikit, tetapi sebaliknya jika file tersebut tidak terlalu besar mungkin membutuhkan waktu sebentar saja. Disini juga Kamu bisa langsung mengecek, apakah file tersebut masih bisa digunakan atau tidak, jika masih bisa digunakan file tersebut dengan status “good”.

Cara Mengembalikan File/Data yang Terhapus Permanen di Windows (Komputer/Laptop)

Langkah – Terakhir

Nah pada langkah terakhir ini adalah dimana proses mengembalikan file yang sudah terhapus secara permanen bisa Kamu lakukan dengan cara klik kanan pada file yang ingin Kamu kembalikan kemudian “save to…” lalu pilih lokasi drive yang ingin Kamu simpan. Dan waktu yang dibutuhkan untuk menyimpannya tergantung seberapa besar file yang Kamu restore tersebut, semakin besar ukuran file maka semakin besar pula waktu yang dibutuhkan untuk menyimpannya.

Cara Mengembalikan File/Data yang Terhapus Permanen di Windows (Komputer/Laptop)

 Cara Mengembalikan File/Data yang Terhapus Permanen di Windows (Komputer/Laptop)

Nah sekarang jika kamu merasa kehilangan file atau data yang Kamu anggap penting, sekarang kamu bisa dengan mudah mengembalikan file atau data itu tersebut, dan pastikan file yang hilang tersebut dalam jangka waktu dekat, karena dalam jangka waktu lama bisa saja file yang terhapus tadinya tidak bisa Kamu kembalikan lagi. Terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat. Jangan lupa komentarnya jika tutorial ini bekerja pada laptop Kamu OKE!!

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *