Cara Mempercepat Adobe Photoshop Dengan Mudah dan Cepat

Tutorial Photoshop

Teknopoin.com – kali ini saya ingin memberikan tutorial kepada kamu yang punya Adobe Photoshop di Laptop, Komputer, atau PC. Kalian pasti tahu kalau Adobe photoshop adalah Aplikasi Edit Photo yang paling populer karena fiturnya yang lengkap. Tapi ada satu masalah besar yang selalu di rasakan oleh penggunanya. Software dari Adobe ini terbilang berat bagi komputer pas – pasan seperti saya misalnya. Tapi bagaimana jika komputer kamu punya Kekuatan Mumpuni dan grafis yang sudah mencukupi akan tetapi saat mengoperasikan Adobe Photoshop tetap terasa lelet? Ternyata ada penyebabnya dan kita tidak menyadarinya.

Penyebab utamanya adalah Photoshop yang terinstall di Laptop, Komputer, atau PC kamu tidak mendeteksi dengan Baik kartu grafis yang kamu gunakan terutama yang memiliki Kartu grafis Double seperti Laptop saya.

Solusinya mudah, Tinggal membuat Adobe Photoshop yang kamu pakai Menyadari keberadaan Kartu Grafis yang kamu gunakan. Sebagai Contoh ikuti Tutorial dari saya untuk membuat Photoshop Mendeteksi Kartu Grafis kamu :

Perhatikan Hal Berikut

  • Laptop, Komputer, PC kamu harus Sudah terinstall adobe Photoshop
  • Disini saya menggunakan Adobe Photoshop CC yang paling baru dan Secara Keseluruhan Mirip dengan versi Sebelumnya (Photoshop CS6, Photoshop CS5, Photoshop CS4)
  • Laptop Saya menggunakan Kartu Grafis Intel HD 4000 dan Nvidia 720 M.

Spesifikasi Acer E1-470G yang saya Gunakan

Cara Mempercepat Adobe Photoshop

Tutorial ini Hanya bisa kamu gunakan jika Kartu grafis (VGA) yang kamu gunakan adalah Nvidia. untuk kartu Grafis AMD kurang lebih caranya sama akan tetapi metodenya berbeda. Nanti akan saya sediakan Tutorial khusus untuk kartu Grafis dari AMD. Terlebih lagi jika kamu tidak memiliki kartu grafis (bawaan intel) Tutorial ini tidak akan bekerja sama sekali. Berikut Tutorial Mengatasi Photoshop lelet, cara mengatasi photoshop lambat, cara membuat photoshop cepat, dan Cara Mempercepat Adobe Photoshop baik itu Photoshop CS4, Photoshop CS5, Photoshop CS6, dan Photoshop yang saya gunakan CC Version:

LANGKAH 01 – Photoshop » Edit  » Preference

Buka Adobe Photoshop Terlebih dahulu, Setelah terbuka Klik pada Menu Edit sehingga muncul Sebuah form baru yang berisi beberapa pilihan. Pilihlah Menu “Preference” yang ada di antara menu tersebut seperti yang terlihat pada gambar:

LANGKAH 02 –  Preference » Peformace

Setelah anda memilihnya, akan ada Form baru lagi yang muncul. Pilihlah Peformance untuk mengetahui peforma Photoshop anda yang terlihat seperti gambar di bawah:

LANGKAH 03 –  Peformace » Graphic Processor Settings

Akan muncul Sebuah Window baru yang berisi informasi tentang peforma Laptop, Komputer, atau PC anda dalam menjalankan Photoshop. Tampak dengan jelas Laptop saya tertulis “Intel HD Grafis 4000” sebagai penopangnya. Padahal saya memiliki Nvidia 720M untuk masalah grafis. Lihatlah gambar di bawah:

LANGKAH 04 –  Taskbar (Klik Kanan)  » Nvidia Control Panel

Di Taskbar bagian Notification center, Coba Lakukan Klik Kanan pada Logo Nvidia yang tertera disitu sehingga muncul Menu baru. Pilih “Open NVIDIA Control Panel” seperti yang terlihat pada gambar

LANGKAH 05 –  Nvidia Control Panel » Program Settings

Selanjutnya akan muncul Window baru yang merupakan Kontrol Pusat NVIDIA anda. Pilihlah “Manage 3D Settings” lalu di lanjutkan dengan membuka Tab “Program Settings” untuk mendapatkan List Aplikasi/sofware yang menggunakan Nvidia. Lihat gambar berikut:

LANGKAH 06 –  Program Settings » Add Program

akan di sediakan sebuah formulir untuk mendapatkan Pengaturan Manual. Kamu bisa memilih program mana yang akan menggunakan Nvidia dan yang tidak. Pilih menunya seperti yang terlihat pada gambar di bawah:
Sehingga muncul banyak pilihan aplikasi yang terinstall di Komputer, Laptop, atau PC anda dan bisa menggunakan NVIDIA. Cari Adobe Photoshop dan pilih seperti pada gambar di bawah:
Dan yang perlu anda Lakukan adalah Memilih High-peformance NVIDIA processor pada bagian Nomor 2 (Select prefered Graphics Processor for this Program) lalu Klik Apply untuk menyimpan pengaturan. Seperti yang di tunjukkan pada gambar:

LANGKAH TERAKHIR –  Pengecekan

Sekarang anda bisa cek kembali melalu Langkah 01 sampai langkah 03 untuk melihat Apakah pengaturan yang kamu terapkan sudah bekerja apa belum. Seperti kasus saya yang berhasil dan bisa kamu lihat buktinya di dalam gambar:
Sekarang Adobe Phoshop kamu akan bekerja lebih optimal dan bisa di gunakan dengan lebih leluasa. Berikan Komentar kamu jika punya pertanyaan mengenai tutorial kami. Dan untuk yang ingin tahu detail lengkap dan juga hal yang berhubungan. Ikuti terus Blog ini dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman kamu ya.
Tags:

About The Author

Reply