Tips Menghemat Baterai dan Kuota di Windows Phone

Saat ini era smartphone telah menjajah kehidupan manusia yang serba instan. Di kalangan Dunia Smartphone telah di anggap sebagai hal yang sangat-sangat lumrah yang bahkan tidak bisa lagi dipisahkan lagi dari kehidupan manusia di keseharian. Tentunya peran smartphone ini sangatlah penting dan bahkan butuh tenaga ekstra jika smartphone itu adalah makhluk hidup seperti kita manusia ini.

Dalam menjalani peran tersebut, tentunya tidak sedikit smartphone yang telah mengusungkan kapasitas baterai yang terbilang cukup besar, misalnya saja kapasitas baterai yang mencapai 3000 mAh. dengan kapasitas baterai yang mumpuni ini, tentunya smartphone dapat melakukan kinerja yang kita perintahkan dan terbilang tahan lama di bandingkan smartphone lain memiliki kapasitas baterai yang lebih sedikit.
Tapi, apakah kamu tau kita dapat menghemat masa baterai pada smartphone kita sendiri tanpa mengandalkan kapasitas baterai saja? bahkan kita dapat menghemat kuota dengan membatasi kinerja smartphone yang beroperasi penuh.
Pada Posting kali ini saya akan membagikan sedikit tips menghemat masa baterai dan menghemat kuota pada smartphone khusus Windows Phone. Tips ini tentunya layak kamu coba karena akan sangat mempengaruhi daya tahan Windows Phone kamu.

Berikut adalah beberapa langkah dalam menghemat daya tahan baterai Windows Phone :

 

1. Pasang Aplikasi yang diperlukan saja

Pada opsi ini, kamu di haruskan agar memasang atau meng-install beberapa aplikasi yang menurut kamu adalah aplikasi utama bagi kamu atau aplikasi yang sangat sering kamu gunakan saja. Jangan meng-install aplikasi yang tidak perlu, atau aplikasi yang bahkan kamu hanya gunakan sekali saja. karena semakin banyak aplisi yang kamu install, maka semakin banyak pula kinerja yang di tanggung oleh Windows Phone kamu.

2. Jalankan Aplikasi seperlunya saja.

Pada opsi yang kedua ini, Kamu akan membuat Windows Phone kamu berjalan se-optimal mungkin alias bekerja dengan efektif. Jika sebelumnya kamu ingin meng-install aplikasi yang menurut kamu perlu namun kamu tidak ingin menjalankannya setiap saat, Kamu bisa membatasi beberapa aplikasi yang dapat berjalan di latar belakang.
Misalnya saja Kamu ingin Aplikasi LINE agar dapat berjalan ketika kamu membuka aplikasinya saja. Nah, pada langkah ini, daya tahan baterai kamu akan lebih efektif dan kamu akan menghemat kuota kamu. siapa yang tidak ingin kuota hemat? terlebih kalau bisa gratisan? 
Kamu bisa menemukan setting atau pengaturan batasan kinerja aplikasi melalui aplikasi Penghemat Baterai. Kamu bisa menemukan aplikasi di list aplikasi yang telah kamu pasang. kamu tidak perlu mencari lagi di Store atau Bursa karena ini adalah aplikasi bawaaan Windows phone.
Kamu bisa juga membuka aplikasi Penghemat Baterai melalui pengaturan dengan cara Pengaturan>Penghemat Baterai untuk opsi bahasa Indonesia, dan dengan cara Setting>Battery Saver untuk opsi bahasa inggris. 
Jika kamu masing bingung. kamu bisa melihat langkah-langkah melalui screenshot berikut :

3. Matikan Fitur Latar Belakang Aplikasi

Pada opsi yang ketiga, kamu bisa mematikan fitur aplikasi latar belakang. yang di maksud dengan fitur latar belakang, adalah fitur yang membuat aplikasi dapat berjalan dengan sendirinya tanpa harus membuka aplikasi tersebut. Singkatnya, kamu akan me-nonaktifan aplikasi. Dan dengan menonaktikan aplikasi, kamu tidak akan mendapat pemberitahuan atau notifikasi langsung dari aplikasi yang kamu nonaktifkan tersebut. Sebagai gantinya, kamu akan memiliki daya tahan baterai yang lebih lama dan menghemat kuota termakan karena pemberhentian aplikasi tadi.
Tapi jangan khawatir, bukan berarti kamu tidak bisa membuka aplikasi tersebut. Aplikasi yang kamu nonaktifkan tadi hanya berjalan jika kamu membuka aplikasi tersebut saja. Cara me-nonaktifkan atau mematikan Fitur latar belakang juga sangat mudah, melalui aplikasi penghemat baterai. 
langkah-langkahnya adalah masuk ke aplikasi penghemat baterai, lalu swipe layar Windows Phone kamu ke kanan, pilih pilihan “tampilkan aplikasi yang dapat berjalan di latar belakang”, kemudian pilih aplikasi yang ingin kamu matikan lalu matikan fitur aplikasi latar belakang. berikut adalah screenshot mematikan latar belakang jika kamu tidak mengerti dengan cara di atas :

4. Aktifkan aplikasi Penghemat Baterai/Battery Saver

Pada opsi yang keempat atau yang bisa kita sebut opsi terakhir, adalah dengan cara meng-aktifkan 

Penghemat Baterai/Battery Saver. dan pada setting aplikasi ini, kamu akan di beri 3 pilihan yaitu tidak mengaktifkan penghemat baterai, saat kondisi di bawah 20%, dan selalu aktif. Kamu bisa memilih satu dari ketiga pilihan di atas. intinya. jika kamu meng-aktifkan penghemat baterai, beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang akan berhenti secara otomatis.

Jika ada problem dengan cara di atas, berikan komentar kamu pada kolom komentar. Semoga bermanfaat.
Tags:

About The Author

Reply