Ternyata 87% Hape Android Membahayakan Pengguna

Hampir semua orang di dunia modern ini memiliki Smartphone, dan Lebih dari setengah Smartphone yang beredar memiliki sistem operasi yang sama. Yaitu Android. Mengingat populasi nya yang mendominasi tentunya membuat populasi masalah atau kegagalan nya juga berpotentsi tinggi.
Masalah yang paling sering muncul adalah dari segi keamanan. Kita tahu kalau Android adalah sebuah sistem operasi terbuka dan siapa saja bisa mengedit file system dan juga mendapatkan akses penuh dengan berbagai cara.
Untuk itu para ilmuan inggris melalui University of Cambridge melakukan penelitian mendalam terhadap berbagai Smartphone yang menggunakan Sistem Operasi Android. Lebih dari 20.000 Smartphone dari vendor berbeda di install aplikasi Device Analyzer di Google Play.
Tentu saja Aplikasi ini di install oleh banyak pengguna berbeda melalui serangkaian Perjanjian yang di lakukan pihak peneliti dengan para tester nya.  Tapi penelitian ini awalnya bukan bertujuan untuk meneliti Smartphone atau Hape yang paling rentan atau banyaknya Hape yang tidak aman. Melainkan Manakah Smartphone yang tingkat keamanannya terbaik di antara lainnya.
Dan data yang di hasilkan sungguh mengejutkan, 87,7 % perangkat Android yang di teliti di kategorikan sangat rentan paling tidak untuk satu jenis kerentanan yang bersifat Critical / Krisis.
setidaknya ada 32 Jenis Kerentanan yang di coba pada 20.000 perangkat android tadi, Namun hanya 11 Bug yang bisa di terapkan kesemua perangkat, Karena banyaknya Smartphone berbeda maka di perhitungkanlah Serangkaian percobaan yang akan menghasilkan data seimbang.
Untuk pengelompokan kerentanan. tim Peneliti Cambridge memperkenalkan indeks FUM. Menurut data dari siaran Pers (25/10/2015) FUM berarti:
  • F (Free): Perangkat yang bebas dari kerentanan kritis setelah melewati serangkaian pengujian
  • U (Update): perangkat dari vendor tertentu, yang menggunakan Sistem operasi terbaru.
  • M (Mean): Rata – rata kerentanan unpatched di smartphone yang tidak mendapatkan pembaharuan terbaru dari Vendor.
Dan dalam jangka waktu 4 tahun (Juli 2011 Hingga 2015), Tingkat MEan dari Indeks FUM mengalami Penurunan drastis. Yaitu dari 10 Menjadi 2,87 saja. hal ini menunjukkan banyaknya smartphone android yang tidak mendapatkan Update Security terbaru dari Vendornya.

Hanya 1 Jenis Smartphone yang mendapatkan update secara berkala dan pasti. yaitu Smartphone besutan Google sendiri, Google Nexus. untuk Smartphone lainnya setidaknya hanya bertahan sebentar saja.

About The Author

Reply