Cara Mudah Masuk Safe Mode di Windows 10

Cara Mudah Masuk Safe Mode di Windows 10


Teknopoin.com – Bagi pengguna baru windows 10, pernahkah Kamu mengalami dengan masalah BSOD setelah melakukan instal driver di windows 10 ? tentu Kamu bingung bukan bagaimana cara mengatasinya. Jangan sampai Kamu buru-buru untuk melakukan instal ulang, karena barang kali ada terjadi kesalahan saat mengintal driver pada windows. Namun cara mengatasinya adalah dengan menggunakan safe mode pada windows 10. Cara nya mudah, terlebihnya Kamu harus menguninstal driver yang sebelumnya sudah terinstal di windows Kamu. Kegunaan safe mode ini adalah bisa booting pada windows 10 dengan tanpa load driver dan proses lainnya dikomputer/laptop selain dengan core dari sistem windows 10 sendiri.

Nah sekarang Saya akan memberikan sedikit tutorial mengenai dengan cara mudah masuk safe mode pada windows 10. Jadi dengan turorial tersebut Kamu nantinya bisa memperbaiki masalah yang ada pada windows seperti masalah yang ada pada BSOD setelah melakukan instal driver pada windows 10.

Cara Mudah Masuk Safe Mode pada indows 10

Sedikit untuk informasi lanjut, cara ini bisa Kamu gunakan jika ada masalah dengan windows 10 diantaranya: ada kesalahan saat mengintal driver di windos 10, adanya malware/trojan atau virus lain yang menganggu kinerja komputer/laptop di windows 10, atau ada masalah saat ingin menghapus/menguinstal software yang tidak dapat dihapus/diuninstal pada windows saat booting dengan normal.

Langkah – Pertama

Untuk langkah pertama buka search bar yang ada di taskbar kemudian ketikan “msconfig”

Cara Mudah Masuk Safe Mode di Windows 10

Sekarang Kamu bisa melihat tampilan dari jendela windows system configuration sudah muncul. Nah Kamu sekarang bisa membuka tab Boot kemudian centang menu Safe boot. Akan ada 4 pilihan yang tersedia pada menu safe boot dan memiliki fungsi masing-masing sebagai berikut.

01 – Minimal berfungsi : Ketika startup, akan ada tampilan GUI Windows seperti file Explorer pada safe mode yang berguna untuk menjalankan critical system services saja. Maka Networking akan dinonaktifkan.

02 – Alternatif Shell berfungsi: Jika saat startup, akan ada tampilan command prompt pada safe mode yang berguna untuk menjalankan critical system services saja. Maka Networking dan file explorer dinonaktifkan.

03 – Active Directory Repair berfungsi: Jika saat Startup, akan ada tampilan file explorer pada safe mode yang berguna untuk menjalankan critical system service dan Active Directory.

04 – Networking berfungsi: Jika saat startup akan ada tampilan fie explorer pada safe mode yang berguna untuk menjalankan critical system service saja dan Networking akan diaktifkan.



Langkah – Terakhir

Langkah terakhir ini adalah jika sudah siap dengan langkah yang diatas, sekarang klik Apply kemudian OK. Setelah itu lakukan restar sekarang atau nanti kapan saja setelah pekerjaan Kamu selesai tentunya.

Cara Mudah Masuk Safe Mode di Windows 10

Nah setelah melakukan restart, maka komputer Kamu akan langsung masuk ke mode safe mode pada windows 10.

Mungkin sekian dari pada tutorial cara untuk masuk safe mode di window 10 yang mudah dan bisa Kamu gunakan jika ada masalah seperti yang sudah Saya jelaskan diatas.Bagi yang masih bingung dengan langkah-langkah diatas silahkan untuk memberikan pertanyaan atau masalah mengenai dengan windows 10 lainnya, jangan segan-segan untuk ditanyakan dikolom komentar dibawah, kami akan segera untuk membatu Kamu, terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat.

Tags:

About The Author

Reply