Tips Fotografi Windows Phone layaknya Seorang Profesional

Tips Fotografi Windows Phone Berkualitas Pro!

Siapa yang tidak suka dengan Fotografi? Terlebih jika foto yang kita hasilkan sangat memuaskan bagi mata kita dan teman sekitar kita. Namun, jika Kamu sangat ingin menjadi Fotografer profesional namun dana tidak mumpuni, mungkin trik ini bisa membuat dan mengembangkan bakat Kamu di dunia fotografi dengan bermodalkan Lumia Windows Phone.

Ada beberapa aplikasi yang kamu butuhkan untuk memaksimalkan hasil foto kamu di Lumia Windows Phone. Aplikasi berikut adalah aplikasi yang sangat dasar yang di perlukan untuk hasil foto berkualitas pro!

Berikut adalah aplikasi Windows Phone Untuk Fotografi Berkualitas Pro :

1. Lumia Camera.

Lumia Camera adalah aplikasi yang sangat-sangat kamu butuhkan untuk Trik ini, di Lumia Camera ini, kamu bisa mengatur semua komposisi secara manual, disini kamu bisa mengambil foto secara Otomatis maupun manual. Pada opsi manual, kamu bisa mengatur Exposure (kecerahan), Shutter Speed (kecepatan rana), ISO (sensitifitas cahaya), Focus (fokus), dan keseimbangan putih.
Pada pilihan Exposure (kecerahan), Kamu bisa mengatur tingkat cahaya yang dibutuhkan dalam jarak yang membuat cahaya semakin terang hingga cahaya menjadi redup sekalipun, Sebagai contoh, jika kamu mengarahkan Windows Phone kamu ke arah matahari, kamu akan mendapatkan cahaya yang sangat silau terhadap hasil foto kamu, fungsi opsi  mengatur Exposure (kecerahan) ini, Kamu akan leluasa mengatur pencahayaan langsung. mulai dari tingkat cahaya tertinggi (3.0) sampai cahaya terendah (-3.0).
berikut adalah sample foto hasil jempretan saya sendiri dengan mengatur Exposure (kecerahan) terendah (-3.0) hingga menghasilkan gambar Siluet :

Fotografi Windows Phone

Pada Pilihan Shutter Speed (kecepatan rana), kamu bisa menghasilkan foto layaknya fotografer Profesional, dalam opsi Shutter Speed (kecepatan rana), kamu diberi pilihan berapa lama Shutter Speed (kecepatan rana) bisa diatur secara manual mulai dari yang terendah (1/16000) sampai dengan yang terlama yaitu 4 detik (4s).Inilah yang membedakan Fotografi Windows Phone dengan yang lain, karena adanya shutter speed yang belum tentu ada pada smartphone lainnya. sama seperti kamera pada umumnya, jika hendak menghasilkan foto yang maksimal dengan menggunakan Shutter Speed (kecepatan rana), kamu butuh Tripod untuk membuat Lumia kamu agar tetap dalam posisi diam.
Untuk yang belum mengetahui apa itu tripod, Tripod adalah penyangga Kamera atau smartphone kamu yang di gunakan untuk membuat posisi kamera atau Smartphone kamu agar tetap dalam posisi diam. dan tripod tersebut WAJIB kamu gunakan jika ingin hasil jepretan kamu maksimal tanpa goyang.

Shutter Speed (kecepatan rana) bisa menghasilkan foto Light Trail dan Air Terjun yang airnya nge-Blur seperti yang foto-foto yang sering Kamu lihat pada gambar hiasan dinding yang di foto oleh Fotografer Profesional. Namun Shutter Speed (kecepatan rana) yang ada pada Lumia tidak dapat mencapai 30 detik (30s) seperti yang ada pada Kamera DSLR. Namun, ini sudah lebih dari cukup untuk kategori smartphone. berikut adalah sample foto hasil jempretan saya sendiri (lagi) dengan mengatur Shutter Speed (kecepatan rana) 4s dan tentunya menggunakan Tripod hingga menghasilkan gambar Light Trail dan lajur Air yang nge-Blur :

Fotografi Windows Phone

Fotografi Windows Phone

untuk opsi yang ke-3 yaitu opsi pengaturan ISO (sensitifitas cahaya), kamu bisa menghasilkan foto dengan maksimal walaupun dalam kondisi cahaya redup/minim cahaya, disini Kamu bisa mengatur ISO mulai dari yang terendah (64) sampai yang tertinggi (3200) namun kamu bisa mencapai ISO 4096 jika kamu menaikkan Exposure (kecerahan) tertinggi (3,0) dan juga Shutter Speed (kecepatan rana) tertinggi yaitu 4s, maka ISO secara otomatis naik menjadi 4096. dan berikut hasil jempretan saya (lagi) sebelum dan sesudah mengatur ISO, dan yang terbaik, dengan ISO tertinggi hingga mendapat foto bintang :

Fotografi Windows Phone

Fotografi Windows Phone
Fotografi Windows Phone

Untuk opsi yang ke-4 adalah Fokus, disini Kamu bisa mengatur Fokus secara otomatis atau pun manual  mulai dari yang terdekat (macro) sampai pada jarak lebih kurang 1 meter hingga 2 meter didepan Kamera Lumia Kamu, Namun, untuk fokus yang bejarak 1-2 meter, objek yang kamu Fokuskan tidak terlalu tajam seperti yang di hasilkan Kamera DSLR dan sebagainya, karena keterbatasan lensa (mungkin).

tapi, fokus yang lebih efektif adalah pada objek dekat atau Macro (berukuran kecil). Berikut adalah hasil jepretan saya (lagi) dengan mengatur fokus secara manual :

Fotografi Windows Phone

Fotografi Windows Phone

Fotografi Windows Phone

Fotografi Windows Phone

dan opsi yang terakhir adalah Keseimbangan Putih, Pada Opsi ini, tidak banyak berpengaruh pada hasil foto, namun ini bisa memanipulasi cahaya hingga menjadi lebih kuning, putih cerah , dan sebagainya. Ini semua bergantung pada jam yang tepat karena akan mempengaruhi pencahayaan.

2. Lumia SmartCam (Lumia Camera)

Ada juga opsi Action Shot, yang dulunya adalah aplikasi bernama SmartCam terpisah dari Lumia Camera, tapi sekarang sudah berada didalam Lumia Camera. Pada Opsi ini, gambar yang dihasilkan juga tidak kalah menariknya dengan Lumia Camera manual setting. hasil foto yang di tawarkan seperti Action Shot (langkah-langkah gerakan dalam 1 foto), foto Panning (foto yang memfokuskan gerakan), mengubah wajah, dan juga bisa menghapus objek yang tidak sengaja lewat, dengan demikian foto akan tetap bersih tanpa adanya objek yang tidak sengaja melewati tujuan foto.
dan berikut adalah hasil jepretan Saya (lagi-lagi) yang menghasilkan foto Action Shot dan Foto Panning :

Fotografi Windows Phone

Fotografi Windows Phone

3. Lumia Creative Studio

Lumia Creative Studio adalah Aplikasi pelengkap untuk koleksi Fotografi Kamu, pada aplikasi ini, ada beberapa fitur menarik yang ditawarkan, yaitu mengedit foto dan menerapkan blur, menerapkan efek, dan (Faforit Saya) yaitu Colorpop. Colorpop adalah  Fitur edit foto yang bisa membuat pewarnaan hanya pada objek yang kita pilih, sedangkan objek yang lain hanya memiliki warna hitam-putih. Intinya, colorpop ini memfokuskan objek dengan pewarnaan, bukan dengan fokus. Menarik bukan? dan berikut hasil foto editan Saya yang menggunakan fitur Colorpop yang ada di Lumia Creative Studio :

Fotografi Windows Phone

Fotografi Windows Phone

Sedikit pencerahan, untuk Lumia kelas Low-End, sebenarnya Shutter Speed tidak hanya 1s, namun juga bisa 4s, tpi dengan syarat harus Downgrade ke OS Amber.
Sekian tips dari saya. Semua foto diatas adalah murni saya yang foto dengan menggunakan Microsoft Lumia 640XL saya memiliki kamera 13 MegaPixel dan lensa Carl Zeiss.

About The Author

Reply