Ternyata Google Terdiri atas Milyaran Baris Kode!

Baris Kode Google ada milyaran

Siapa yang tidak kenal dengan Google? perusahaan besar dan mungkin merupakan perusahaan paling terkenal sejagat ini sudah sangat di ketahui dan sangat memberikan manfaat untuk kita pengguna Internet. ya, Google adalah perusahaan yang di mulai dengan Mesin pencarian hingga akhirnya memiliki berbagai macam layanan hebat seperti Gmail, Google+, Google Docs, Google Calender, dan lain – lain.

Enggak kebayangkan? Google sudah sangat memberikan bantuan besar untuk hidup kamu di dunia modern ini. Tapi kamu tahu enggak? dengan berbagai macam layanan yang mereka miliki saat ini sudah berapa banyak baris Kode yang sudah di kerjakan oleh tim google untuk membuat google menjadi hebat seperti sekarang? Ternyata Google sudah menyiapkan 2 Milyar baris kode lebih dengan 1 milyar File yang berbeda. Hingga sekarang ukuran seluruh File nya sudah mencapai 86 Terabytes! sungguh angka yang fantastis.

baris kode yang saya maksud bukan hanya untuk laman utama google saja teman, 2 milyar kode yang saya maksud merupakan Code Base untuk semua Layanan yang dimiliki google. Misalnya saja Gmail, Google Drive, Google Search, Google Plus, Google Analytics, Google Docs, dan juga berbagai macam layanan yang dimiliki Google lainnya.

Sungguh besar pengorbanan yang di lakukan oleh tim engineering Google yang saat ini mencapai 25.000 orang lebih. Mungkin mereka bekerja siang dan malam untuk mengerjakan kode – kode tersebut. kalian pasti tahu kan? jika ada sedikit saja kesalahan yang mereka lakukan pada Baris kode tersebut. Kejadiannya bisa membuat bahaya yang sangat besar loh.

Untuk itu Google menciptakan sebuah Robot Bernama Piper. Apa sih Piper itu? jadi Piper adalah Bot yang di ciptakan Google untuk secara otomatis menemukan dan memperbaiki Kode – kode yang akan menyebabkan Bugs dan juga Kode yang tidak di gunakan lagi nantinya. Keren bukan? tapi tentunya pekerjaan Robot yang otomatis itu tidak sempurna. Engineering masih di butuhkan untuk menambal setiap Pekerjaan Piper tersebut.

Mungkin kalian berfikir, Emang baris kode yang jumlahnya 2 milyar lebih itu banyak? Sebagai perbandingan saja ya, Kalian pastinya kenal juga dengan Sistem Operasi Windows bukan? Tau berapa jumlah baris kode yang di butuhkan untuk membuat Windows menjadi nyata? jawabannya adalah 50 Juta baris kode lebih untuk menciptakan Windows 10 seperti sekarang ini. Sudah kebayangkan? Engineering Microsoft harus bekerja 40 Kali lebih banyak untuk bisa mencapai 2 milyar baris kode ala google.

Dari pada Bingung dengan penjelasan saya yang panjang lebar. Kamu bisa melihat langsung presentasi dari Rachel Potvin, Google Engineering Manager :

Sumber: wired

Tags:

About The Author

Reply