Sebuah University Asal California menciptakan sebuah Laser penghilang ingatan seperti film “Men in Black”

Pernah menonton film “Men in Black”? jika kamu salah satu penggemar film ini, kamu tentu sudah tau sebuah alat yang di gunakan untuk menghilangkan ingatan seseorang manusia pasca terjadinya perjumpaaan manusia dengan makhluk asing atau yang biasa kita sebut Alien.

University of California sudah mulai mengembangkan teknologi ini. Kazumasa Tanaka, Brian Wiltgen, dan Karl Diesseroth mulai mengembangkan alat ini dan bermula ketika Wiltgen tahu bahwa ingatan episodik (ingatan yang mengingat hal-hal tertentu : fenomena, kejadian-kejadian, tempat-tempat tertentu) melibatkan koordinasi antara korteks serebral dan hipokampus dan sebagainya dibutuhkan untuk mengingat di dalam otak.
berikut adalah kata Wiltgen :

“Teorinya adalah bagaimana pengolahan korteks dan hipokampus mereproduksi aktivitas dan memungkinkan Anda mengingat kembali apa yang terjadi dari memori episodik,”

 Mereka menamakan alat penghapus ingatan ini dengan AS-PaRac. sistem kerja cahaya pada alat ini adalah mengganggu pertumbuhan ujung-ujung dendrit yang biasa digunakan neuron untuk berkmunikasi antar satu dengan yang lainnya. Dari inilah bermula lupanya sebuah ingatan itu.

Para Ilmuan ini melakukan percobaan kepada seekor tikus. cukup mudah untuk mengetahui apakah tikus ini hilang ingatan atau tidak. Ilmuan ini mengajar seekor tikus untuk tinggal di atas pipa selama beberapa hari, namun setelah sinar dari AS-PaRac ini di pancarkan kepada seekor tikus tadi, tikus tersebut melupakan pelajaran yang telah dia pelajari.

cukup menarik bukan? ingin memiliki alat ini untuk Move On dari mantan?

About The Author

Reply