Tips Untuk Mempercepat Koneksi Internet yang Melambat

Tips Untuk Mempercepat Koneksi Internet yang Melambat

Teknopoin.com – Jaman sekarang siapa yang tidak membutuhkan internet ? Internet sudah menjadi kebutuhan khusunya untuk dunia maya, semua yang ingin kita cari di dunia maya tentu harus menggunakan jaringan internet. Kini kecepatan internet bervariasi dari kecepatan rendah sampai kecepatan tinggi. Tentu kamu akan mengharapkan internet yang cepat tanpa lelet bukan ? Kamu sudah tahu belum dengan 10 negara dengan kecepatan internet tercepat di dunia, jika belum tahu (BACA: 10 Negara dengan Kecepatan Internet Tercepat di Dunia, Bagaimana dengan Indonesia ?).

Memang kita di Indonesia masih tergolong sangat rendah kecepatan internet dan tergolong kedalam kategori mahal dari segi paket yang disediakan, namun beberapa orang yang sudah mendapatkan internet cepat, tetapi masih belum bisa untuk mengelolanya dengan baik. Nah untuk itu Kami akan memberikan tips sedikit berguna untuk mengembalikan kecepatan internet yang sudah melambat atau lelet. Tidak salahnya jika Kamu melakukan empat tips yang Kami berikan nantinya untuk menyegarkan kembali dimana kecepatan internet yang sudah tidak cepat lagi seperti biasanya.

Internet cepat tentu suatu hal yang sangat diharapkan bagi Kamu yang sering berselancar di dunia internet bukan, Tapi jika Kamu sudah memiliki internet yang cepat dan stabil tapi dengan seiring berjalannya waktu, maka internet akan melambat. Saya akan memberikan sedikit tips untuk mengatasi koneksi internet yang sudah melambat. Berikut tips untuk mempercepat internet yang melambat yang bisa Kamu terapkan nantinya.

Baca Juga :

Berikut Tips untuk Mempercepat koneksi internet yang Melambat

Tips ini hanya bisa Kamu gunakan jika Kamu sudah memiliki perangkat yang bisa terhubung dengan jaringan internet, misalkan Modem, router dan smartphone tentunya.

Tips 01 –  Bersihkan Sisa Cache pada Browser

Tips internet untuk mempercepat kecepatan internet

Pernah Kamu menyangka bahwa cache yang ada pada browser itu bisa memperlambar kecepatan internet ? Sebenarnya cache pada browser sangat berpengaruh terhadap kecepatan internet Kamu ketika Kamu berselancar di internet saat Load sebuah web. Bukan sampai disini saja, akan tetapi jika harddisk Kamu tidak terfragmentasi, maka cache akan menumpuk pada harddisk dalam wakktu berkala pada sebuah folder yang memiliki daya tampung yang sangat kecil, Jadi langkah yang bisa Kamu ambil sekarang, bersihkan cache pada browser Kamu kemudian lakukan defragmentasi pada harddisk Kamu dan selalu menjaga space dalam keadaan kosong selalu pada harddisk supaya ketika Kamu browsing selalu dalam keadaan fresh dan prima.

Tips 02 -Matikan fitur-fitur yang tidak dibutuhkan

Tips internet untuk mempercepat kecepatan internet
Untuk Tips Selanjutnya Kamu bisa mematikan fitur yang tidak digunakan, ketika ponsel Kamu atau komputer saling terkoneksi dengan WiFi maka tentu kecepatan internet akan melambat, nah jika ada perangkat yang tidak digunakan, sebaiknya Kamu bisa mematikan koneksi WiFi nya, supaya perangkat yang tidak digunakan tidak menyedot bandwidth secara otomatis seperti halnya pada automatic update atau cloud storage.

Tips 03 -Pastikan pada Smartphone Terinstal Aplikasi Penghemat Kouta

Tips internet untuk mempercepat kecepatan internet
Untuk tips ketiga untuk mempercepat koneksi internet adalah pada smartphone Kamu sudah mengintal aplikasi untuk menghemat kouta, sekarang memang sudah banyak aplikasi yang sudah menyediakan aplikasi khusus untuk menghemat kouta internet, salah satu aplikasi yang Saya rekomendasikan, Kamu bisa menggunakan aplikasi Opera Max. Jadi sekarang Kamu sudah bisa sedikit melakukan tips untuk meningkatkatkan kembali internet yang melambat.

Tips 04 -Reset Modem atau Router 

Tips internet untuk mempercepat kecepatan internet

Tips Kali ini untuk mempercepat kecepatan internet adalah cukup simpel dan sederhana, Sebenarnya memang sudah menjadi permasalahan yang terjadi pada internet akan terselesaikan dengan mencabut dan memasang kembali modem yang Kamu miliki, sedangkan pada router WiFi dengan cara meresetnya. Langkah ini sudah menjadi puncak penyelesaian ketika koneksi internet Kamu melambat sehingga jika langkah ini Kamu lakukan nantinya modem atau router akan kembali ke settingan default, kemudia Kamu bisa mengatur kembali setiingan awal, maka internet yang Kamu gunakan akan cepat seperti baru saat Kamu memasangnya.

Sekian tips yang dapat Saya berikan, Kamu bisa menerapakannya pada modem atau router yang ada, supaya internet yang selama ini melambat bisa teratasi sedini mungkin demi kenyamanan disaat Kamu melakukan aktifitas browsing atau yang lain. Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat. Jika ada yang tidak jelas, Kamu bisa menanyakannya pada kolom komentar dibawah yang sudah tersedia.

About The Author

Reply