Cara Mengubah Label Local Disk di Windows 7/8/8.1/10 yang Tidak Teratur

Teknopoin.com – Sering kali terjadi ketika kita baru saja menginstal ulang sistem operasi windows, terjadi perubahan pada label local disk yang pada pada komputer atau laptop Kamu. Contoh kejadian yang saya alami ketika baru instal ulang sistem operasi baru, pada hardisk Saya memiliki local disk dengan 3 bagian pertama untuk sistem operasi yaitu local disk (C:) , kedua SISTEM (E:) dan ketiga DATA (H:) untuk penyimpanan data. Nah bisa Kamu lihat pada label disk tidak beraturan antara C, E, dan H. Kejadian tersebut terjadi bisa jadi dikarenakan ketika Kamu menginstal ulang sistem operasi baru mungkin ada device storage lain yang tersambung dengan komputer atau laptop Kamu.

Nah jika Kamu salah satu orang yang juga pernah mengalami hal yang serupa seperti Saya, Kamu bisa mengikuti cara untuk mengubah label local disk pada windows baik itu windows 7/8/8.1/10 yang akan Saya berikan langkah demi langkah. Untuk Tutorial cara mengubah label pada local disk kali ini, Saya mencoba pada windows 10, Kamu tidak usah bingung karena windows 7/8/8.1 dengan windows 10 tidak berbeda langkah-langkahnya. Caranya sangat mudah, Kamu tak harus mengintal ulang sistem operasi baru, Kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

  • perlu diingat bahwa tutorial ini hanya bisa digunakan untuk komputer/Laptop
  • Ketelitian saat melakukan, jangan ada langkah yang tertinggal
  • Sedikit keahlian dalam menggunakan komputer/Laptop tentunya.

Berikut cara mengubah label local disk di windows 7/8/8.1/10

Jika hal-hal yang diatas sudah Kamu siapkan, Kamu selanjutnya bisa dengan mudah mengubah local disk di windows tanpa hambatan apapun. Berikut cara mengubahnya.

Langkah 01

Pertama sekali, Kamu bisa membuka File explorer tempa dimana local disk berada dan yang ingin kita ubah. Pada gambar dibawah bisa Kamu perhatikan pada bagian yang sudah Saya beri kolom, kita akan mengubah DATA (H:) menjadi DATA (D:)
Cara Mengubah Label Local Disk di Windows 7/8/8.1/10

Langkah 02

Pada langkah ini Klik kanan pada This PC/ My Computer lalu pilih Manage

Cara Mengubah Label Local Disk di Windows 7/8/8.1/10

Langkah 03

Pada bagian Storage pilih Disk Management

Cara Mengubah Label Local Disk di Windows 7/8/8.1/10

Langkah 04

Pada langkah keempat ini, Klik kanan pada local disk/Drive yang ingin kita ubah, kalau Saya akan mengubah local disk.Drive DATA (H:) kemudian pilih Change Drive Letter and Paths…

Cara Mengubah Label Local Disk di Windows 7/8/8.1/10

Langkah 05

Nah pada langkah ini akan muncul tampilan jendela baru, pilih Change.

Cara Mengubah Label Local Disk di Windows 7/8/8.1/10

Langkah 06

Pada langkah keenam ini, Kamu bisa memilih huruf yang sesuai dengan Kamu inginkan, karena drive/local disk saya tidak beraturan sebelumnya saya memilih D supaya beraturan dan sesuai dengan huruf yang sudah ada, dan pilih OK jika sudah selesai memilih.

Cara Mengubah Label Local Disk di Windows 7/8/8.1/10

Langkah 07 

Pada langkah ini untuk meneruskan hasil yang kita ubah pilih saja Yes

Cara Mengubah Label Local Disk di Windows 7/8/8.1/10

Langkah 8 

Jika sudah selesai, Kamu bisa keluar dari semua jendela dan membuka kembali File explorer. Kamu bisa melihat dari perubahan label local disk yang sudah kita ubah seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengubah Label Local Disk di Windows 7/8/8.1/10

Sekarang jika Kamu ingin mengubah Local disk sesuai dengan selera, atau huruf yang akan Kamu ubah sesuai dengan singkatan antara Kamu dengan si DOI, Kamu bisa lakukan dengan beberapa langkah mudah diatas. Jika Kamu ada masalah ketika ingin mengubah label local disk nanti, Kamu bisa meninggalkan masalah yang Kamu alami pada kolom komentar dibawah, Kami akan membantu dalam waktu dekat. Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.

About The Author

Reply