Cara Membagi Partisi Hard Disk (Hard Drive) Tanpa Software

Kamu pasti Tahu Hardisk pada laptop atau apa fungsi dari hardisk tersebut? Sedikit ulasan tentang Hardisk, Hardisk merupakan sebuah device penyimpanan data pada sebuah laptop atau komputer Anda. Dengan adannya Hardisk Anda bisa mengoperasikan dan menyimpan data-data atau file-file pada laptop maupum komputer yang Anda miliki.

Dari segi ukuran kapasitas hardisk bermacam-macam mulai dari 32 GB sampai 4 TB. Namun yang akan kita bahas ke depan bukan review tentang apa itu yang dimaksud dengan Hardisk, tetapi saya akan memberikan sedikit ilmu tentang bagaimana cara membagikan partisi Hardisk pada laptop atau komputer Anda . Ada yang masih bingung dengan partisi Hardisk disini? yang dimaksud denga partisi itu adalah pembagian hardisk pada laptop dengan beberapa local, misalkan pada Laptop yang saya punya sekarang hanya 2 Local. Diantaranya pertama Local Disk (C πŸ™‚ dan kedua MUHAMMAD (E πŸ™‚ .

Acap kali banyak nya orang lupa ketika menginstal ulang sistem operasi baru pada komputer atau Laptop untuk membagikan partisi Hardisk yang seperti saya maksudkan diatas, atau juga Anda pernah mengalami saat membagikan partisi hardisk pada saat mengintal ulang sistem operasi baru telalu besar pada satu partisi dan ingin membagikan dua partisi. Nah untuk itu saya akan menguraikan cara untuk membagikan partisi pada Hardisk pada Laptop atau Komputer Anda tanpa harus menggunakan software tambahan apapun, jadi Anda tidak perlu bingung untuk mengintal aplikasi kawan.

Perhatikan Persyaratan Berikut

  • Tutorial ini cuma bekerja untuk Laptop, Komputer atau PC (Personal Computer),
  • kamu harus menggunakan Sistem Operasi Windows, Di Tutorial ini kami menggunakan Windows 10 yang tampilannya sama dengan Windows 8, Windows 8.1 dan juga tidak jauh beda dengan Windows 7. Untuk Windows XP ke bawah, akan kami bahas pada artikel selanjutnya
  • Sedikit Kemampua mengoperasikan Windows πŸ™‚

Berikut Cara Membagi Partisi tanpa Software 

Langkah 01
Pada langkah pertama ini, perlu Anda perhatikan pada Laptop saya hardisk yang saya gunakan sekarang dengan kapasitas 500 GB dengan dua partisi, Local Disk (C πŸ™‚ dan MUHAMMAD (E πŸ™‚, Dan saya disini akan membagikan dua partisi saja. Coba Anda perhatikan kapasitas Hardisk saya pada drive MUHAMMAD (E:) sebesar 368 GB, maka sekarang saya akan membagi 2 partisi jadi partisi yang saya buat baru dengan kapasitas 100 GB saja, jika masih bingung mari lihat gambar dibawah ini.
.


Langkah 02 
Langkah berikutnya masuk kedalam device manager dengan cara klik kanan pada my computer atau pada This PC seperti pada laptop saya. Kemudian pilih manage.

Langkah 03

Pada langkah ini Anda pilih saja pada Disk Management seperti gambar dibawah ini.


Langkah 04
Pada langkah ini Anda bisa langsung klik kanan pada drive (E πŸ™‚ atau MUHAMMAD (E πŸ™‚ . Lalu pilih Shrink Volume …




Langkah 05

Berikut akan Anda lihat tampilan Shrink E:Pada langkah ini Anda harus mematikan betul partisi yang akan Anda bagi nanti nya. pastikan kapasitats besaran partisi yang akan Anda bagi, misalkan pada hardisk saya, pada drive MUHAMMAD (E:) memiliki kapasitas 368 GB, maka saya membagikan 2 partisi sehingga menjadi 184 GB seperti yang saya jelaskan pada langkah 01. jadi saya akan membagikan 100 GB berarti Anda harus mengetikkan pada kolom Enter the amount of space to shrink in MB sebesar 100000, lalu klik shrink.

Langkah 06 

Pada langkah ini akan muncul seperti tampilan dibawah ini, maka alokasi hardisk baru akan tampak seperti gambar dibawah ini.

Langkah 07

Pada langkah ini, arahkan kursor pada partisi baru kemudian klik kanan dan pilih new simple volume…

Langkah 08

Nah pada langkah ini, Anda harus mengisi berapa ukuran volume hardisk pada kolom simple volume size in MB. Yang dimaksud adalah dalam ukuran MB menurut partisi hardisk yang sudah Anda bagi. contoh hal nya yang saya bagi adalah 100 GB maka ketika ubah kedalam MB maka 100000 MB. Tapi jumlah yang sebesar itu tidak terdukung atau tidak bisa, maka saya mengisikan sebesar 99999. Atau lebih mudahnya Anda bisa berpedoman pada kolom Maximum disk space in MB. Kemudian Klik Next.

Langkah 09

Pada langkah ini, Anda bisa memilih Drive letter sesuai dengan keinginan Anda, disini saya memilih D karena MUHAMMAD (E:) biar nyambung :D. Jika sudah Klik Next.


Langkah 10

Kemudian Anda bisa dengan mudah untuk memformat pada partisi yang baru dibuat. Kemudian jika Anda ingin mengubah nama pada drive. bisa mengubahnya langsung pada volume label. Kemudian Klik Next.


Langkah 11

Tunggu beberapa saat sampai proses format selesai, maka partisi baru akan tampak pada file explorer. Dan partisi baru siap untuk digunakan.

Hasilnya

Tampilan Partisi baru Pada File explorer sudah bisa Anda gunakan, seperti punya saya dibawah ini.

Sangat mudah bukan ? Sebenarnya tidak usah bingung hanya untuk membagikan partisi hardisk pada Laptop atau Komputer Anda. Anda bisa mengikuti langkah demi langkah yang diatas tanpa ada ketinggalan. Mungkin hanya ini yang dapat saya berikan seputar membagi partisi hardisk tanpa menggunakan software. Terimakasih telah  berkunjung semoga bermanfaat. Nah jika berhasil jangan lupa beri komentar kalian oke ? Saya tunggu komentar kalian semua dibawah.

Pencarian Populer:

Tags:

About The Author

12 Comments

  1. Bram Vikrama 5, Juni 2016 Balas
    • Teknopoin 9, Juni 2016 Balas
  2. sirojul 6, Juni 2016 Balas
    • Teknopoin 9, Juni 2016 Balas
    • mr. Haq 27, Juni 2016 Balas
  3. miftah 23, Juni 2016 Balas
    • Teknopoin 28, Juni 2016 Balas
  4. mr. Haq 27, Juni 2016 Balas
    • Teknopoin 28, Juni 2016 Balas
  5. septiadi 29, Juni 2016 Balas
  6. assegaff 9, Oktober 2016 Balas
  7. Nurcahaya 18, Oktober 2016 Balas

Reply