6 Fitur Baru yang Terdapat Pada Android M

Sumber gambar :Thehackernews.com

Baru – baru ini, Google telah meresmikan nama baru dari Sistem Operasi Android paling baru milik mereka “Android M” dengan Nama Android 6.0 Marshmallow (baca : Google Resmi Perkenalkan Android Marshmallow). Tapi, saat itu google belum memberikan detail tentang fitur – fitur baru dari robot hijau ini.

Namun, memlalui ajang konferensi I/O 2015. Vice President Of Engineering Google Dave Burke memamerkan preview fitur – fitur yang baru dari Android M. nah, Dave juga memberitahukan kalau fitur – fitur baru ini muncul karena kebiasaan dan juga kebutuhan Produsen smartphone Android selama ini. berikut Merupakan Fitur – fitur baru yang di sematkan di dalam Android 6.0 Marshmallow :

01 – ‘Individual App permissions yang Baru.

Individual App permission adalah fitur yang melekat pada Android untuk memberikan Izin kepada aplikasi mengakses fitur – fitur yang ada pada Smartphone. Misalnya saja Internet, Wifi, Kamera, Lokasi dan lain – lain. Jika Sebelumnya kamu di haruskan untuk selalu memberikan izin kepada aplikasi untuk menggunakan fitur smartphone kamu. Kini Google mengubah caranya, Kamu hanya perlu memberikan izin sekali pada Aplikasi untuk menggunakan Fitur yang ada di smartphone, atau lebih tepatnya saat pertama kali kamu mengunduhnya. selanjutnya Google akan mengambil alih izin untuk mu sehingga kamu tidak perlu di pusingkan dengan Perizinan seperti ini.

02 – Google Now lebih Cerdas

Google Now adalah sebuah sistem yang di benamkan di dalam Android yang bertugas sebagai Asisten pribadi Kamu atau lebih di kenal dengan istilah “Personal Assistant”. Pada Android M, Google Now di janjikan akan menjadi lebih cerdas dan lebih bisa mengerti kamu. hal ini di wujudkan Google dengan menambahkan fitur baru bernama “Now On Tap” yaitu fitur real time yang akan membantu kamu kapan pun kamu bertanya kepada Google Now. Misalnya Kamu ingin tahu siapa yang sedang menyanyikan lagu yang sedang Kamu putar di Smartphone, dengan mudah kamu akan mengetahuinya dengan menggunakan fitur ini.

03 – Peramban “Google Chrome” yang Lebih Keren

Sedikit cerita tentang google chrome,  dulu saat saya ingin mengembangkan blog di warnet. Seorang Pemudi datang dan bertanya kepada operator warnet. “Bang, Google Chrome ada kan?” nah, begitulah kiranya orang awam mengenal google Chrome, Mereka beranggapan kalau tidak ada google chrome maka mereka tidak bisa mengakses internet. anggapan yang aneh bukan? baiklah, kembali ke topik. Di Android M, Google chrome akan di perbaharui dan di costumasi agar lebih mudah di gunakan. Nantinya, pada Google Chrome akan di tambahkan Fitur Custom Tabs yang fungsinya adalah membuat pengembang aplikasi dapat menyematkan laman web di dalam aplikasi miliknya.

04 – Fitur Doze

Kalian pasti bertanya – tanya,  Fitur Doze it apa sih? sedikit cerita dari saya. Android adalah Sistem Operasi yang kaya fitur, Akan tetapi Banyaknya fitur ini juga memiliki sisi negatif yaitu Android sering Lemot dan berakhir pada Crash. Misalkan Saat kamu sedang membuka sebuah aplikasi seperti Facebook, BBM, LINE, Clash Of Clans, dan lain – lain. Pastinya Aplikasi tersebut akan mengalami yang namannya Freeze atau berhenti sejenak, dan saat itu pula kamu tidak bisa menggunakan Smartphone kamu untuk sejenak pula. Untuk mengatasi masalah itu, Muncul lah Fitur Doze. Fitur ini memungkin Android kamu mematikan / memutuskan secara otomatis Aplikasi Yang terhenti atau yang membuat smartphone kamu lag, tanpa perlu notifikasi lagi seperti biasanya.

05 – Hadirnya Android Pay

Sebenarnya Android Pay bukanlah satu – satunya fitur yang terdapat pada android, Sebelumnya Sudaha ada Apple Pay yang fungsinya juga serupa, Yaitu sebagai metode pembayaran dalam transaksi menggunakan iPhone. Nah, Android Pay hadir di Android dengan fungsi yang sama pula. Untuk menggunakan Android Pay, Smartphone Android kamu di haruskan memiliki fitur NFC.

06 – Finger Print Scanner

Android M meniru iOS bukan hanya dalam segi Pembayaran seperti “Androd Pay”. Seakan tidak ingin tertinggal, Android juga meniru Finger Print Scanner seperti yang ada pada iOS, Tapi bukannya tanpa sebab Google memutuskan menghadirkan fitur ini walaupun di cap Plagiat. Banyak Vendor Smartphone yang menggunakan Sistem Operasi Android meminta Google Menyiapkan fitur ini agar bisa di gunakan pada Smartphone buatan mereka. Sehingga Vendor tidak perlu lagi membenamkan sendiri teknologi buatan mereka.

Itulah dia 6 (enam) hal baru yang akan kamu temukan pada Android M nantinya. Untuk kamu yang ingin mendapatkan pengetahuan lebih lanjut tentang Android M ini, kamu dapat memberikan pertanyaan seputar Android M melalui Kolom komentar, Terima kasih

About The Author

2 Comments

  1. RAKA BLACK 31, Agustus 2015 Balas

Reply