Pengaturan BBM Android Agar tidak Boros Memory dan RAM

Blackberry messenger atau sering disebut BBM adalah sebuah perpesanan instan yang sudah tersedia di Android sekian lamanya yang sudah banyak di unduh oleh pengguna Android. Kini BBM atau Blackberry Messenger sudah menjadi prioritas bagi khalayak pengguna Android yang semakin hari semakin meningkat. Sekian lama Anda menggunakan aplikasi BBM untuk Android, pernahkan Anda merasakan efek yang tidak menyenangkan ? ya, salah satu diantaranya adalah Baterai ponsel Android Anda boros, dan RAM yang Anda gunakan untuk aplikasi yang satu ini juga terbilang sangat rakus.

Dari interface yang kita perhatikan selama ini, memang aplikasi BBM atau Blackberry untuk Android sangat menarik ketimbang dengan aplikasi BBM atau Blackberry messenger pada Blackberry sendiri. Aplikasi yang fleksibel dengan desain terbarunya sekarang menambah ciamik dari user interface itu sendiri. 
Memang dari banyak nya jumlah tambahan fitur yang telah tersedia di dalam BBM atau Blackberry Messenger untuk Android tidak dapat kita temukan pada BBM atau Blackberry Messenger pada Blackbery sendiri alias jadul seperti BBM  channel, Glypse, Time Message, Game, Voice Call dan lain-lain. Sangat disayangkan apabila Anda menggunakan ponsel Android yang hanya didukung oleh RAM 1 GB kebawah, karena kenapa demikian ? Karena dengan Kapasita RAM 1 GB kebawah tentu aplikasi BBM atau Blackberry messenger untuk Android ini akan memperlambat kinerja ponsel Android Anda, dan dampak efek nya akan tertuju pada aplikasi-aplikasi lainnya yang ada pada ponsel Android Anda tersebut. Aplikasi Blackberry Messenger atau BBM memang menggunakan RAM atau memori yang besar dan baterai akan boros, lama kelamaan baterai akan mengakibatkan rusak dan ponsel akan hang.
Maka kami sekarang sudah mendapatkan solusi untuk mencegah dari pada hal tersebut yang sudah kami uraikan diatas, Setidaknya tidak banyak sedikit mampu kita atasi dari gejala-gejala yang dapat merusakkan ponsel Android kesayangan yang Anda miliki. untuk itu Anda bisa mencoba cara berikut dibawah ini.

Cara untuk mengurangi pemakain memori dan dan RAM pada BBM Android.

Langkah 01 

Sebelumnya kami telah memberikan penjelasan tentang aplikasi yang bikin boros baterai AndroidSekarang hapus cache dari apliksi BBM atau Blackberry Messenger tersebut. Caranya Buka aplikasi BBM Anda, cari menu Settings – Apps – BBM – lalu pilih Clear Data dan Clear Cache. Nah untuk BBM dalam versi bahasa Indonesia, Setelan – Apl – BBM – lalu pilih Hapus Data dan Hapus Cache.

Jika sudah Anda kerjakan, maka Android Anda secara otomatis akan sign out atau keluar dari aplikasi BBM atau Blackberry messenger. Pada langkah ini Anda hanya tinggal Log in ulang, namun yang perlu diingat bahwa, semua history chat dan recent update dari teman Anda akan hilang, tapi tidak usah panik, karena selain itu seperti kontak tidak akan hilang, selama akun atau email yang Anda gunakan masih dengan email yang sama sebelum Anda melakukan menghapus Data dan Cache.

Langkah 02

Kemudian langkah berikutnya, jika Anda sudah log in kembali, maka arahkan ke menu Settings atau Setelan di BBM Android Anda, ubahlah pengaturan nya, matikan atau nonaktifkan semua fitur yang Ada didalam BBM Anda yang memang kirannya tidak terlalu penting, seperti Tampilkan yang sedang saya dengarkan, Tampilkan Yang Sedang Didengar Orang Lain, Tampilkan Gambar Tampilan dalam Obrolan dan Pesan Berwaktu dan fitur-fitur yang lainya yang tidak terlalu digunakan. Untuk BBM versi bahasa Inggris fitur-fiturnya antara lain seperti Show what I’m listening to, Show what others are listening to, Show Display Pictures in Chats, Timed Messages.

Langkah Terakhir

Setelah Anda melakukan langkah yang diatas, cobalah untuk mengecek ulang memori pada BBM Android Anda. Anda bisa melihatnya pada Menu Setting – Apl – BBM. Sebelum Anda menghapus data dan cache yang tadinya BBM Saya menghabiskan memori tolah 115 MB, sekarang hanya sebesar 38,68 MB saja. Dengan ini Anda bisa menghemat semaksimal mungkin memori pada BBM Android Anda. Lumayan hanya untuk satu aplikasi saja bukan ?

Keterangan
Langkah Di atas Saya Lakukan Dengan Menggunakan Zenfone 4, Mungkin akan ada beberapa Tahap yang berbeda untuk setiap Ponsel android dari segi Tampilan. Tapi, secara keseluruhan Cara yang saya terapkan bisa di lakukan untuk semua Jenis Smartphone Android

Untuk kelanjutan demi meningkatkatkan kinerja ponsel Android kesayangan Anda, Anda bisa melakukan menghapus data dan cache pada aplikasi BBM Android sesering mungkin, karena dalam waktu yang singkat akan ada penumpukan data-data yang menjadi tanggungan pada Android Anda.
Hanya ini sekilah dari pada cara pengaturan BBM pada Android agar tidak boros Memory dan RAM. Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat. Jika Anda berhasil melakukannya, jangan lupa tinggalkan komentar dibawah ini okee !

About The Author

Reply