Telkom Ingin jadikan Indonesia Pusat Internet Dunia!

Bagi anda yang notabene nya merupakan seorang tekno Geek pasti sudah tahu dengan pasti siapa penyedia dan penanggung jawab terbesar Sistem Telekomunikasi yang ada di Indonesia. ya, PT Telekomunikasi Indonesia atau biasa di kenal dengan singkatan Telkom.
Ternyata, Selama ini Telkom memiliki Cita – cita atau bisa kita katakan Misi besar untuk Internet yang ada di Indonesia? yaitu membuat Indonesia menjadi Pusat lalu lintas Internet di Dunia. tapi jangan salah sangka dulu, maksud Telkom ingin menghubungkan Jaringan serat Optik dari Indonesia Ke Eropa dan juga Amerika Serikat.

“Kita bercita-cita jadi hub traffic internasional dengan cara connect ke Eropa Barat dan AS dari Indonesia,” ujar Direktur Network and IT Solution Telkom Abdus Somad Arief di sela-sela peresmian Sistem Komunikasi Kabel Laut Luwuk Tutuyan (SKKL-LT), Minggu (3/5/2015) sore.

“Kita ini kalau bicara hub untuk traffic pesawat atau kapal laut sekarang adanya di Singapura. Tapi kita masih punya kesempatan untuk jadi hub telekomunikasi,” imbuhnya.

Bagaimana Caranya?

Jika sesuai harapan, Sambungan Serat Optik yang di rencanakan Telkom ini akan di lakukan melalui Dumai Dan Timur tengah untuk mewujudkan Misi di Wilayah Eropa. Untuk itu Telkom harus berusaha keras mendapatkan Persutujuan dan perjanjian kerja sama dengan 13 Negara. 
Sedangkan Untuk Wilayah AS (Amerika Serikat), Sambungkan Serat Optik ini akan di lakukan mulai dari Manado, Filipina, Dan Gruam dengan perkiraan Telkom harus bekerja sama dengan 5 Negara.
Metode yang di lakukan untuk mengerjakan kedua jalur yang berbeda arah ini adalah Secara berdampingan, Bukan dengan Menfokuskan salah satunya terlebih dahulu.

Dana Yang di butuhkan

Berdasarkan misi besar yang ingin di lakukan Oleh Telkom Indonesia, Penyambungan serat Optik dari dua jalur Internasional itu tentu saja akan memakan dana yang terbilang cukup Besar. Telkom sn
Penyambungan serat optik menuju dua jalur internasional itu akan dikerjakan secara berdampingan. Telkom sendiri menyiapkan dana sebesar Rp 2,4 triliun untuk proyek besar ini.

“Proyek ini baru kita inisiasi tahun ini. Nah yang segmen domestik sedang lagi diproses. Dari Manado ke AS, selesainya Insya Allah awal 2017. Sedangkan yang dari Dumai menuju Middle East ke West Europe itu akan selesai duluan pada 2016,” pungkas pria yang biasa disapa Asa ini.

Nah, bagaimana Menurut kamu? apakah Cita – cita Telkom dapat terlaksana dengan baik? berikan komentar kamu tentang Rencana yang ingin di capai Telkom dan bagikan artikel ini jika kamu merasa artikel ini Bermanfaat. 

About The Author

Reply