7 Tips Menjaga dan Merawat Baterai Smartphone (Android, Windows Phone, iOS)

Smartphone adalah barang wajib yang harus dimiliki oleh seseorang dewasa ini, untuk masalah alasaannya saya kira tidak perlu di perjelas lagi bukan? tentu saja karena Smartphone adalah perangkat praktis yang mudah di bawa kemana – mana dan berfungsi untuk menghubungkan kita dengan orang lain. Smartphone juga Alat multi guna, Maksudnya kita bisa melakukan banyak hal dengan menggunakan smartphone. Seperti Misalnya mengambil sebuah Photo atau Video, Mendengarkan Musik, Berbagi data, berselancar di dunia maya, dan masih banyak lagi fungsi dari Smartphone sesuai dengan fitur yang di sediakan oleh smartphone yang kamu gunakan.

Akan tetapi, Karena banyaknya fitur yang di tawarkan Oleh Smartphone membuat perangkat tersebut membutuhkan daya yang sangat besar dan tentunya berimbas oleh umur baterai dari Smartphone tersebut. Sering sekali kita temukan Smartphone seseorang yang akhirnya mengalami pemborosan baterai berlebih. Untuk itu kali ini saya ingin memberikan Tips untuk anda yaitu bagaimana caranya menjaga dan merawat Baterai Smartphone kamu sehingga Bisa lebih tahan Lama. 

01 Matikan Wifi, Paket Data, Bluetooth Dan Lokasi Jika tidak di perlukan

Sering sekali saya temukan teman saya tidak memperdulikan fitur seperti Wifi, Paket data, bluetooth, Dan Juga fitur lokasi dalam kondisi aktif atau tidak. Akibatnya baterai Smartphone Mereka mengalami pemborosan terus menerus dan membuat baterai Smartphone milik Mereka tidak awet dan rusak. Untuk itu matikan fitur – fitur yang saya sebutkan jika kamu merasa tidak terlalu membutuhkannya.

02 Gunakan Wifi, Tidak perlu Paket Data

Apa maksud saya mengatakan bahwa kamu harus menggunakan wifi di bandingkan dengan data selular? maksud saya adalah jika lokasi di mana kamu berada terdapa sinyal wifi aktif yang bisa kamu gunakan untuk berselancar di dunia maya. Maka Pakailah Wifi tersebut dan matikan Paket data anda. karena sejatinya komponen yang di gunakan pada smartphone kamu yang berfungsi untuk menghubungkannya dengan internet dengan akses data membutuhkan daya yang besar dan membuat smartphone kamu cepat panas di bandingkan dengan Pemakain Internet dengan menggunakan Wifi. Oleh karena itu kami merekomendasikan penggunaaan WiFi di bandikan paket data ini.

03 Atur Brightness Smartphone Kamu

Tahukah kamu, Layar atau tampilan yang di hasilkan oleh smartphone kamu merupakan salah satu penyebab Smartphone kamu keseringan menghabiskan daya yang besar.  oleh karena itu aturlah selalu smartphone kamu pada kondisi pencahayaan (brightness) paling rendah jika kamu merasa masih bisa melihat apa yang di tampilkan Oleh Smartphone Kamu. Satu hal lagi, jangan gunakan fitur pengubahan otomatis (Automatic Screen Brightness). Karena Fitur itu memerlukan sensor khusus yang ada pada smartphone kamu dan tentu saja membutuhkan daya tambahan untuk bekerja dan berdampak tidak baik untuk Umur baterai Smartphone Kamu.

04 Selalu Kunci (screen Lock) Smartphone Kamu

ini dia, salah satu kebiasaan kita. setelah smartphone di gunakan langsung di masukkan kedalam kantong baik itu celana atau baju. atau bahkan langsung di biarkan begitu saja tergeletak di tanah sendirian tiada teman yang menemani. kebiasaan ini sudah bisa kamu rubah kawan, seharusnya sebelum menaruh smartphone di dalam saku atau menaruhnya di tempat tertentu pastikan Smartphone kamu dalam keadaan Terkunci (Lock). karena Fitur lock yang ada di smartphone akan membuat komponen layar kamu di matikan sementara sehingga Lebih hemat baterai kawan.

05 Selalu Tutup aplikasi yang tidak di gunakan

Setelah selesai menggunakan suatu aplikasi, baik itu aplikasi sosial media Seperti Facebook, BBM, LINE, WeChat atau aplikasi yang membuthkan daya besar lainnya langsung tutup / close saja aplikasi tersebut dan jangan biarkan aplikasi itu berjalan di latar belakang jika kamu tidak terlalu membutuhkannya . karena Secara perlahan tapi pasti baterai smartphone kamu akan di kuras hingga habis.

06 Jaga Smartphone Kamu dari Suhu Panas

Sering sekali Kita menggunakan Smartphone kita hingga waktu yang lama sehingga membuatnya kewalahan dan akhirnya memanas. kamu tahu? semakin panas Smartphone kamu, Maka baterai yang dia konsumsi akan semakin besar karena tidak bisa mengatur lagi daya yang masuk dan daya yang keluar. Oleh karena itu lebih baik kamu menjaga smartphone kamu agar tidak terlalu panas.

07  Powerbank adalah Opsi terakhir

Ingat! powerbank kamu gunakan hanya saat krisis atau darurat saja. jangan gunakan Powerbank sebagai ekstensi baterai smartphone milik kamu. karena Daya yang smartphone kamu dapatkan dari powerbank berbeda dengan daya yang langsung kamu dapatkan dari Listrik. Kebanyakan orang menganggap bahwa keduanya sama saja. Saya bisa pastikan, Daya Powerbank dan Listrik beda kawan. jadi lebih baik saat smartphone kamu sudah mengalami sekarat, langsung cas saja dengan menggunakan charger asli miliknya dari pada menggunakan powerbank.
Nah, itulah dia cara menjaga dan merawat baterai smartphone kamu agar tahan lebih lama dan tentu saja membuat umur smartphone kamu lebih lama. bagikan artikel ini jika kamu merasa artikel ini bermanfaat. berikan Komentar kamu jika masih banyak pertanyaan lainnya yang ingin kamu ketahui dari topik kali ini.

About The Author

Reply