Alasan Mengapa Android Sering Lambat / Lemot

 
Teknopoin.com – Jika kamu punya smartphone Android. pastinya sudah tahu dengan pasti kendala utama Sistem Operasi ini. ya, yang menjadi kendala utama sistem operasi Mobile atau smartphone terpopuler ini adalah kinerjanya yang terkadang melambat / lemot sehingga menimbulkan freeze / crash sementara. mengapa hal ini bisa terjadi? Android menawarkan banyak sekali fitur yang membuatnya membutuhkan banyak tenaga (resource ekstra) untuk membuat fitur – fitur itu bekerja.

Salah satunya adalah RAM yang besar. saat ini setidaknya Kita memiliki RAM lebih dari 512 mb untuk dapat menjalankan sistem Operasi Android Ice Cream Sandwich s/d Kitkat. dan untuk menjalankan Android Lollipop, Setidaknya di butuhkan RAM lebih dari 1 GB.

Tapi, Perlu anda ketahui. saat ini RAM 1 GB di Android sekarang sudah tidak memiliki arti lagi. Mengapa? jawabannya cukup mudah hal ini dikarenakan sistem Android yang begitu membutuhkan Kinerja ekstra. Bahkan Proseccor dengan kecepatan tinggi pun sekarang mulai tidak berarti lagi di Android. mengapa demikian? berikut beberapa alasan mengapa Smartphone Android Menjadi lemot / lambat :


Android memiliki banyak fitur

Tidak bisa kita pungkiri bahwa Android memiliki banyak fitur, mulai dari Voice Commad (Google Now), E-mail, Sosial Media, atau fitur lainnya. Namun, banyak diantara fitur yang terdapat di Andoid tidak kita gunakan (banyak fitur yang tidak perlu) sehingga Smartphone yang menjalankan sistem operasi ini melambat karena beban fitur tersebut. tentunya fitur – fitur itu membutuhkan kinerja atau kapasitas RAM ekstra agar dapat berjalan dengan baik. dan juga membutuhkan fitur tambahan lainnya yang membuat smartphone android anda menjadi semakin terbebani.

Aplikasi yang memakan banyak RAM

yup, aplikasi adalah salah satu faktor yang membuat Android milik kamu Melambat (lemot). Kenapa demikian? saat ini, rata – rata aplikasi yang ada pada android membutuhkan kapasitas RAM lebih dari 20 MB untuk tiap aplikasinya. dan terkadanga ada beberapa aplikasi yang bahkan membutuhkan Kapasitas RAM lebih dari 50 MB hanya untuk dirinya sendiri. jika kamu membuka aplikasi – aplikasi ini dengan RAM yang minim, tentu saja kinerja Smartphone Android kamu bakalan Lambat.

Game yang terus membutuhkan Kinerja hardware tinggi

Makin lama, game yang ada di Android memiliki kualitas yang tinggi, kita berikan tepuk tangan untuk para pengembang game Android yang sudah bekerja keras membuat Game di Android terus terasa makin realistis. Tapi, semakin Realistis game di Android, Semakin besar pula Sistem yang di butuhkan. Termasuk kapasitas RAM, kami pernah memainkan Asphalt 8 di Asus Zenfone 4S (baca : Spesifikasi Asus Zenfone 4s) . dan hasilnya, saat ini kami memainkannya, Dibutuhkan RAM lebih dari 500 MB hanya untuk memainkan Game ini. belum termasuk untuk aplikasi yang berjalan dilatar belakang.

Aplikasi yang berjalan di latar belakang

aplikasi yang kita buka (aktif) memang membutuhkan kapasitas dan kinerja smartphone yang lebih. dan ternyata, aplikasi yang berjalan di  latar belakang juga menjadi faktor yang membuat Smartphone Android anda menjadi lemot, makin banyak aplikasi latar belakang yang terbuka, makin besar pula beban yang harus di tanggung smartphone kamu dan akhirnya makin lambat pula smartphone kamu dalam menjalankan tugasnya.

Browser yang aktif yang tidak di tutup

perlu kamu ketahui, browser yang ada di android saat ini membutuhkan  kinerja hardware yang lebih besar dibandingkan dengan aplikasi android lainnya. mengapa? hal ini dikarenakan konten Laman yang kamu buka di Internet yang saat ini sangatlah banyak membutuhkan Script, CSS, dan lain – lain. terkadang kita membuka browser Android untuk browsing Internet lalu setelah itu kita langsung menekan tombol Home di Android agar bisa lebih cepat keluar dari browser tersebut. perlu kamu ketahui, cara tersebut salah. karena jika kamu membiarkan Browser aktif sistem akan otomatis mengingat setiap tab yang kamu buka sehingga kamu bisa membukanya kembali tanpa perlu menunggu laman di muat. yang membuat sistem mengingatnya dalam bentuk kapasitas RAM yang meningkat.

Aplikasi Sosial Media & Chatting yang terlalu banyak 

jika kamu menginstall banyak aplikasi sosial media, sebaiknya kamu memilah sosial media yang kamu install. karena Sosial Media juga merupakan salah satu penyebab Android kamu lemot karena Aplikasi sosial Media seperti facebook, Twitter, BBM, LINE, Whatsapp, Dan lain – lain sangatlah membutuhkan Kinerja Smartphone yang ekstra besar. Jika kamu tidak percaya coba buka pengaturan lalu Aplikasi dan lihat aplikasi mana yang memakan RAM paling besar. kami sudah bisa menebak bahwa pada urutan teratas Di duduki oleh aplikasi Sosial media.

itulah beberapa faktor yang menurut kami menjadi faktor utama yang membuat Smartphone android anda lelet / lambat / lemot bukan main. apa lagi jika kamu memiliki Smartphone android dengan spesifikasi minim.

yah, tapi untuk saat ini kamu tidak perlu bingung dulu dengan masalah android lemot atau lambat ini. kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan aplikasi pembersih ram dan aplikasi optimasi lainnya yang mampu memperbaiki masalah – masalah di atas.

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar alasan mengapa android Sering lemot / lambat / lelet / crash / freeze ini. kamu bisa memberikan komentar yang tentunya akan membantu kamu dalam mengatasi masalah ini.

About The Author

Reply