Pengertian, Jenis, dan Kegunaan VGA (Video Graphics Array)

Dewasa ini, kita sudah sangat familiar dengan kata VGA Card.  Baik seorang teknisi komputer bahkan orang awam sekalipun. Namun apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan VGA? atau apakah Anda tahu kegunaannya dalam komputer atau laptop yang kita gunakan sehari-hari? Kali ini kami akan menjelaskan pengertian, jenis dan kegunaan VGA tersebut.

Pengertian VGA (Video Graphics Array) Card

Secara Bahasa, Video Graphics Array Card dapat diartikan Kartu Susunan Grafis Video, Secara Definisi VGA Card merupakan Sebuah Standar tampilan komputer analog yang pertama kali dipasarkan oleh IBM.  Kartu VGA pada masa ini telah memakai Graphics Accelerator Chipset, chipset ini berfungsi untuk menampilkan akselerasi tiga dimensi (3D). Standar VGA telah resmi digantikan oleh XGA dari IBM, namum nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.

Jenis-Jenis VGA

VGA terbagi atas beberapa jenis. Berikut adalah jenis-jenis dari VGA :

VGA ISA(Industry Standar Architecture), adalah VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA bus yang masih bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit. VGA ini mempunyai kecepatan transfer data yang sangat lambat, serta tampilan kehalusan gambar dan kombinasi warna yang dihasilkan terbatas.

VGA EISA(Extended Industry Standard Architecture), adalah VGA yang dipasangkan pada slot EISA bus yang memiliki sistem I/O 32-bit. VGA ini memiliki kecepatan transfer yang lambat dan tampilah yang kehalusan gambar dan kombinasi warnanya terbatas sama halnya dengan VGA ISA.

VGA PCI(Peripheral Component Interconnect), adalah VGA yang di masukkan pada slot PCI bus yang sistem I/O-nya memiliki 32-bit atau 64-bit. VGA ini juga masih memiliki banyak keterbatasan pada fitur-fiturnya.

VGA AGP(Accelerated Graphics Port), adalah VGA yang ditancapkan pada slot AGP bus yang sistem I/O-nya memiliki 128-bit atau 256-bit. Kartu VGA ini  memiliki kecepatan transfer data yang lebih signifikan.

VGA PCIe(Peripheral Component Interconnect Express), adalah VGA yang dipasangkan pada slot ekspansi PCIe bus dengan sistem I/O berangkai yang kecepatan tansfernya mencapai 32GByte/s.

Contoh Penggunaan VGA Card

Ketika Anda ingin memainkan sebuah game, pasti terdapat tingkatan dalam tampilan yang akan ditampilkan pada monitor. Dari Low, Mid, hingga High, Anda bisa memilih tampilan game tersebut sesuai dengan kemampuan VGA yang dimiliki oleh Komputer atau Laptop Anda. Semakin baik VGA Card yang komputer Anda miliki maka semakin jernih grafis yang Anda lihat pada game tersebut.

Gambar VGA

Gambar VGA
Demikianlah ulasan singkat tentang pengertian VGA dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat dan jika masih ada hal yang tidak Anda mengerti. Anda dapat memberikan komentar.
Tags:

About The Author

Reply