Perkembangan Internet DI Indonesia

Sebelumnya Kami telah menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan Internet serta Manfaatnya (Baca: Pengertian Internet dan manfaatnya). tapi itu hanyalah garis besar dari Internet saja, Oleh Karena itu kali ini saya ingin membahas tentang perkembangan Internet ini di Indonesia.

Perkembangan Internet Di di Indonesia

Internet untuk pertama kalinya dapat di gunakaan di Indonesia pada awal tahun 1990-an. Untuk lebih tepatnya kami kurang tahu Karena tidak ada informasi yang menyebutkannya. pada saat itu, jaringan yang terdiri dari komunitas komputer yang besar ini bukan di kenal dengan istilah Internet. akan Tetapi saat itu jaringan Internet yang ada di Indonesia Lebih Dikenal dengan Nama Paguyuban Network yang menyimbolkan semangat kerjasama, kekeluargaan, dan juga gotong royong yang dampaknya sangat terasa hangat di antar pengguna jaringan ini maupun pembuatnya. sangat berbeda dengan suasana internet indonesia pada perkembangannya hingga saat ini, Sekarang Internet terasa Lebih Individualis untuk berbagai aktivitasnya, Terutama untuk yang melibatkan perniagaan di Internet. Sejak Tahun 1988, Penggunaan Internet di Indonesia untuk pertama kali memanfaatkan CIX (inggris) dan Compuserve (Amerika Serikat) untuk dapat mengakses Internet.

Awal Penggunaan Internet Di Indonesia

Dari Catatan yang kami dapatkan dari whois ARIN dan Juga APNIC, Protokol Internet (Eng : Internet Protocol / IP) yang pertama di gunakan di Indonesia di daftarkan Oleh Universitas Indonesia pada tahun 1988 atau Lebih tepatnya pada tanggal 24 Juni Tahun tersebut. Orang yang pertama kali menerapkan IP di Indonesia Antara lain RMS, Ibrahim, Muhammad Ihsan, Suryono Adisoemarta, Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, Dan juga Onno W. Purbo. Nama – Nama tersebutlah yang selanjutnya menjadi sang legendaris Pengembangan Internet DI Indonesia Dari Tahun 1992 Hingga 1994. Masing – masing dari mereka telah mendedikasikan hidup mereka untuk membangun infrastruktur Internet Di Indonesia sehingga nama mereka telah tertulis di catatan sejarah jaringan Komputer yang ada di Indonesia.

Sebagai contoh, ada beberapa media surat kabar yang menyertakan beberapa artikel tentang mereka Seperti yang di publikasikan oleh Media Berita Onine KOMPAS dengan Judul “Jaringan komputer Murah Menggunakan Radio” pada bulan November sekitaran tahun 1990-an. selain itu aja juga artikel pendek lainnya yang di muat di beberapa Media online lainnya seperti Majalah Eleketron Himpunan mahasiswa Elektro ITB kalau tidak salah pada tahun 1089.

Setelah itu, pada tahun 1994 muncul lah Internet Service Provider Komersial atau pertama Di Indonesia yang bernama IndoNet. IndoNet ini dipimpin Oleh Sanjaya. IndoNet mencuri start pengembangan Internet di Indonesia, Namun pada saat itu Internet belum dikenal luas dan perkembangannya sendiri masih sering terhambat karena tidak ada nya perhatian khusus dari pemerintah atau faktor lain seperti ketidak tahuan masyarakat Indonesia pada saat itu menyangkut masalah internet.

Lalu Mulai Dari Tahun 1995, ada beberapa BBS di Indonesia menjadi seperti Clarissa yang menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. dengan memakai Cara Remote Lynx dari Amerika Serikat, akhirnya pengguna internet di Indonesia bisa mengakses Internet Dalam Bentuk HTTP.

Ada Juga perkembanganan Internet di Indonesia yang menjurus ke E-commerce dan warung Internet hingga saat ini terus menunjang satu sama lain di dalam masyarakat Indonesia. Sehingga Muncul sarana Internet yang produktif dan menghasilkan.

Sampai saat ini Penggunaan Internet di Indonesia Terus mendapatkan perkembangan yang berarti dan membangun. Hingga saat ini, lebih dari setengah populasi di Indonesia Telah menggunakan Internet atau pernah mendengar istilah Internet ini. bagaimana menurut anda? apakah ada Informasi yang tidak kami cantumkan tentang Internet? kalau ada silahkan Berikan Tanggapan dan Juga Kritik yang membangun melalui Kolom komentar di bawah.

About The Author

Reply