Pengertian Dan Manfaat Internet

Hampir semua orang sudah mengetahui dengan yang Namanya dengan Internet. Bahkan Saat ini setengah populasi dunia terus aktif menggunakan Internet. Namun apakah anda tahu? sebenarnya apa yang di maksud dengan Internet? Berikut Ulasan tentang Pengertian dan Juga Manfaat dari Internet.

Pengertian Internet

Internet Merupakan Kependekan Dari Interconnection-networking. Secara Definisi, Internet dapat di artikan sebagai Seluruh Jaringan Komputer yang berhubungan dengan menggunakan Standar sistem Global Transmission Control / Internet Protocol Suite (TCP / IP) yang berperan sebagai protokol pertukaran paket (Packet Switching Communication Protocol) agar dapat menghubungkan miliaran pengguna yang ada di seluruh Dunia. Rangkaian Besar inilah yang di namakan Internet. cara menghubungkan banyak rangkaian ini sendiri disebut dengan Internetworking atau jika di terjemahkan berarti Antar Jaringan

Untuk lebih mudahnya, Internet dapat di artikan sebagai Kumpulan komputer yang terhubung antara satu dengan lainnya dalam sebuah jaringan yang besar. Di dalam jaringan yang besar ini terdapat banyak informasi yang dapat di akses secara gratis. Internet Merupakan dunia yang sangat berbeda dengan Dunia nyata, Karena dengan adanya Internet batasan – batasan yang dulunya menjadi permasalahan banyak orang sudah bisa di atasi. bisa dikatakan Internet merupakan dunia yang tidak memiliki batasan tertentu, batasan yang kami maksud berupa Lokasi, Waktu, Hukum, maupun birokrasi dari suatu wilayah dan batasan lainnya.

Bayangkan saja, Dunia ini sebelum adanya Internet. Dahulu saat ingin bertemu seseorang kita di haruskan untuk menempuh jarak yang memisahkan kedua orang tersebut. jarak ini bukanlah menjadi masalah yang besar jika tidak jauh, Tapi untuk orang yang terpisah ratusan kilometer pastilah membutuhkan tenaga dan waktu yang ekstra besar untuk dapat bertemu. atau untuk berkirim surat, seseorang harus menunggu selama berhari – hari bahkan berbulan – bulan untuk dapat menerima surat itu. Oleh karena itu Internet sangat berjasa dan bermanfaat dalam dunia ini. saat ini, Dunia informasi yang terdapat Internet Di beri Nama CyberSpace atau Dunia Maya.

Manfaat Internet

saya sudah membahas beberapa Manfaat internet seperti menghubungkan seseorang dengan orang lainnya. Tapi, manfaat Internet tidak hanya sampai di situ, Internet juga memiliki Manfaat besar lainnya dari segi apa pun yang mempermudah kerja kita. Berikut beberapa Manfaat lain dari Internet :

1. Berkirim surat (Email)
Dahulu, Untuk mengirim sebuah surat sangatlah susah. Untuk membuat suratnya saja membutuhkan waktu dan juga usaha, belum lagi pada saat pengiriman. di butuhkan waktu yang cukup lama agar surat tersebut tiba, bahkan terkadang surat tersebut tidak pernah tiba karena berbagai kendala. Tapi, dengan adanya internet masalah itu dapat teratasi. Karena di Dunia Maya sudah tersedia Elektronik Mail ( Surat online ). Kamu bisa berkirim surat dengan Teman atau kekasih mu tanpa perlu khawatir surat itu tidak tersampaikan atau waktu yang lama untuk surat itu tiba di tempat tujuan. Elektronik Mail tidak memiliki batasan seperti lokasi, dan tidak membutuhkan alamat yang lengkap untuk dapat terkirim sesuai keinginan. yang di butuhkan hanyalah sebuah alamat Email yang terdiri dari Satu deret saja.

2. Mencari Informasi atau memberi Informasi
Dengan menggunakan Internet, Dengan mudahnya kamu bisa mendapatkan Informasi. baik itu berupa bacaan, hasil Penilitian, dan juga karya Unik dari seseorang. bahkan kamu juga dapat memberikan Informasi kepada orang lain walaupun Informasi itu berupa data pribadi atau hal lain yang kamu bagikan. Contohnya saja seperti artikel yang kami bagikan ini.

3. Berbelanja online (e-commerce)
Saat ini kamu juga bisa berbelanja secara Online melalui Internet. Sudah banyak Situs yang menjajakan barangnya Secara Online. Mengapa hal ini bisa dilakukan? Tentu saja karena Sistem berbelanja Online atau E-commerce ini memanfaatkan jaringan telekomunikasi yang secara garis besar dapat kita artikan sebagai Internet. Internet dapat memungkinkan Seseorang atau suatu Organisasi yang berada di lokasi yang berbeda berkomunikasi dengan mudah dan juga murah. Saat ini sistem Internet Di manfaatkan untuk mendukung aktivitas berbelanja Online. Misalnya; Internet Banking, Toko Online, Penjualan Jasa, Penyedia barang, dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak tersedia Toko Online seperti Lazada.co.id, Olx.co.id, zalora.com, dan lain – lain.

4. Belajar Jarak Jauh (E-learning)
dengan memanfaatkan Internet, Kamu bisa belajar walaupun terpisahkan oleh jarak dengan sistem E-learning. E-learning atau juga sering disebut Dengan E-education merupakan Kegiatan belajar mengajar pada lokasi berbeda atau jarak jauh dengan menggunakan sistem tertentu. Sistem ini memungkinkan Dialog seseorang dengan Orang lain ( One to One communication) atau seorang dengan banyak orang (One to Many Communication), juga memungkinkan terjadinya dialog seseorang dengan orang lain (one to one communication) dan dialog seseorang dengan banyak orang (one to many communication). Selain itu, Sistem yang terdapat pada Internet ini juga memungkinkan terjadinya Komunikasi jarak jauh dengan bertatap muka melalui teleconference. sistem pada internet ini biasanya terdapat pada sebuah software pihak ketiga. saat ini sudah banyak software yang mendukung aktivitas E-learning ini seperti; Skype, Volp, dan sebagainya. Di Indonesia sendiri sudah banyak Universitas yang menyediakan kelas Online.

5. Mengobrol (Chatting) dengan teman
Chatting merupakan kegiatan atau pola berkirim pesan di Internet. Jika Email merupakan layanan berkirim surat secara online, maka Chatting adalah Surat Online namun dengan versi yang lebih ringkas dan cepat yang menyerupai sebuah Obrolan langsung. Berbeda dengan telepon yang menggunakan Bunyi, Chatting menggunakan Media berupa Tulisan untuk berkomunikasi.

6. Internet banking
Saat ini layanan seperti Bank juga sudah tersedia di Internet. Layanan bank secara Online Ini bernama Internet Banking atau Electronic Banking (E-banking), CyberBanking, Home Banking, Virtual Banking, Maupun Online banking. Aktivita Bank secara Online ini adalah jenis Perbankan yang di lakukan di kantor, rumah, atau tempat lain dengan menggunakan Internet. Manfaat Internet banking adalah nasabah suatu bank yang menyediakan Internet Banking tidak perlu lagi datang ke bank untuk melakukan Transaksi perbankan, nasabah tersebut dapat melakukan transaksinya di mana saja dan kapan saja dengan syarat Nasabah Tersebut memiliki fasilitas Internet. Pihak bank juga mendapatkan Ke untungan berupa biaya Operasional yang lebih murah dari Internet Banking ini. Di Indonesia Sendiri sudah banyak bank yang menyediakan Internet Banking Seperti; Bank BNI, Bank BCA, Bank Mandiri, Lippo Bank, BII, dan lain sebagainya.

Masih banyak Manfaat Internet yang sangat membantu kehidupan kita sehari – hari. namun yang dapat kami bahas hanyalah sampai di sini. Jika menuru kamu ada manfaat lain dari Internet yang belum kami beri tahu. jangan ragu untuk memberi tahu kami dengan cara berkomentar.

About The Author

Reply