Fitur – Fitur Yang Menghabiskan Baterai Smartphone dan Solusinya

Teknopoin.com – Smartphone sudah menjadi sebuah perangkat wajib yang harus di miliki seseorang demi hidup dalam dunia Teknologi seperti sekarang ini. Smartphone yang memiliki berbagai kelebihan yang dapat membuat seseorang tersebut mudah dalam melakukan berbagai yang dulunya dilakukan dengan menggunakan perangkat seperti Komputer.

Kegiatan yang dapat anda lakukan dengan sebuah Smartphone antara lain mencatat, mendengarkan lagu, Menerjemahkan, browsing, Nonton TV, bahkan saat ini banyak kita temukan orang yang bekerja dengan menggunakan Smartphone miliknya. sudah sangat banyak fitur yang disematkan kedalam sebuah Smartphone. Karena banyaknya fitur inilah yang membuat sebuah Smartphone membutuhkan daya yang cukup besar untuk dihabiskan.

Di antara fitur – fitur yang dapat menghabiskan Baterai sebuah smartphone tersebut. Terdapat beberapa fitur yang banyak menghabiskan daya Baterai dibandingkan dengan fitur – fitur lainnya. dan yang menjadi fitur yang paling banyak menghabiskan daya adalah Fitur Bawaan yang terdapat dari Sebuah Smartphone. yaitu :

Screen Timeout

Screen Timeout adalah sebuah fitur yang memungkinkan Smartphone kamu mematikan layar secara otomatis berdasarkan waktu yang kamu tentukan. ternyata fitur ini adalah salah satu yang menghabiskan Baterai Smartphone milikmu. hal ini di karenakan fitur ini mengandalkan Sebuah timer yang terdapat pada Perangkat Smartphone untuk menghitung waktu mundur saat mematikan layar smartphone milikmu secara otomatis.

Solusinya, Matikan fitur Screen Timeout untuk menghemat baterai anda. Karena biasanya seseorang akan mengunci perangkat miliknya tanpa perlu menunggu fitur ini bekerja.

Auto Brightness

Auto Brightness adalah fitur yang memungkinkan perangkat anda mengatur komposisi cahaya secara otomatis dari sensor yang ada pada Smartphone tersebut. ternyata fitur ini menghabiskan Daya baterai Smartphone milikmu. Karena Sensornya sendiri menghabiskan banyak daya baterai untuk dapat bekerja secara terus menerus.

Solusinya, Atur Brightnes pada smartphone milikmu secara Manual. untuk pengaturannya dapat ditemukan di Setelan => Kecerahan Jika Smartphone adalah Windows Phone, Namun Jika Smartphone Anda adalah Android. biasanya Anda dapat menemukannya Di Pengaturan => Tampilan. untuk Smartphone dengan sistem operasi lainnya, anda dapat menemukan cara untuk mematikan Auto Brigthness di Internet.

Widget dan Background Apps

 Jika Smartphone anda memiliki Sistem Operasi Android, pastinya memiliki fitur widget. Ternyata jika anda banyak memasang widget pada home Screen Smartphone anda dapat membuat smartphone anda menghabiskan banyak Daya Baterai. karena Widget biasanya membutukan data secara real-time untuk waktu tertentu dengan cara melakukan Sinkronasi secara pasif. sinkron yang dilakukan widget ini membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit. dan Juga untuk Smartphone masa kini ada Fitur Background  Apps, yang diimaksud dengan Background Apps adalah aplikasi yang berjalan di latar belakang bahkan jika anda tidak menggunakannya sama sekali. Misalnya saja aplikasi Perpesanan seperti Mesengger, BBM, Whatsapp, dan lain sebagainya. alasan mengapa Background Apss dapat menghabiskan Baterai Smartphone kamu adalah Karena fitur ini mengharuskan Smartphone Kamu melakukan Sinkronasi dengan beberapa hardware seperti CPU, RAM atau bahkan Koneksi Internet yang membutuhkan daya lebih. maka dari itu widget dan Background Apps juga salah satu faktor yang menghabiskan baterai Smartphone anda

Solusinya, Jika widget yang ada pada Home Screen Smartphone anda tidak dibutuhkan. Maka sebaiknya Hapus saja Widget tersebut untuk lebih menghemat baterai. Jika Ada Aplikasi yang berjalan Di latar belakang dan anda tidak membutuhkannya. maka cukup matikan saja akses latar belakangnya atau gunakan aplikasi pihak ketiga seperti Greenify untuk menghibernasi aplikasi yang tidak digunakan

selain 3 fitur di atas yang menghabiskan baterai Smartphone android milikmu, masih banyak fitur lain yang menghabiskan baterai Smartphone Milikmu. Namun, menurut kami hanya tiga fitur di atas yang paling banyak menghabiskan baterai Smartphone. bagaimana menurut anda? apakah ada fitur lain yang tidak kami sebutkan di atas tapi turut menghabiskan baterai Smartphone anda. ayo berikan komentar agar teman – temanmu yang lain tahu apa fitur yang kamu maksud.

About The Author

Reply