Pengertian, Jenis, dan Kegunaan RAM ( Random Access Memory)

Mungkin anda sudah mengenal dengan perangkat keras yang bernama RAM, terlebih lagi bagi anda yang dalam keseharian nya adalah seorang Teknisi pasti sudah tidak asing lagi bahkan menjadi perangkat yang menjadi teman dalam memperbaiki sebuah komputer atau Laptop. Tapi apakah anda tahu apa yang dimaksudkan dengan RAM? atau apa anda mengerti dengan pasti apa fungsinya? untuk itu kali ini kami akan memberitahu kalian tentang apa yang dimaksud dengan RAM.

Pengertian RAM (Random Access Memory)

Secara di artikan kedalam Bahasa Indonesia Berarti Memori Akses Acak,  Secara Definisi Berarti Sebuah tipe Penyimpanan pada sebuah Komputer, isinya sendiri dapat di akses dalam waktu yang tetap dan data yang dapat di akses tidak memperdulikan dimana letak data tersebut dalam memori Data yang di Akses bersifat sementara. dan akan hilang jika dalam waktu tertentu tidak di gunakan atau saat komputer di matikan.

Struktur RAM

Untuk strukturnya, RAM dibagi atas 4 Bagian yaitu; Input Storage, Output Storage, Program Storage, dan Working Storage. berikut penjelasan lebih lengkapnya :

  • Input Storage, Berfungsi untuk Menampung atau juga untuk memasukkan Input data dari Alat input.
  • Output Storage, Fungsi dari Output Storage adalah untuk menampung hasil akhir dari suatu data yang akan ditampilkan ke perangkat outpu.
  • Program Storage, Funsi dari Program Storage adalah sebagai media penyimpanan dari Instruksi Program atau data yang akan di Akses.
  • Working Storage, Working Storage adalah Sebuah Struktur dari RAM yang memiliki tugas untuk menyimpan data yang akan di Olah dan juga menyimpan data dari hasil pengolahan data tersebut.

Jenis – Jenis RAM

RAM memang terbagi atas beberapa struktur. walaupun begitu, RAM juga terbagi lagi dalam beberapa Jenis. berikut Jenis – Jenis Dari pada RAM :

RAM (DynamicRAM), Adalah Sebuah Jenis dari RAM yang secara Berkala Harus di segarkan oleh CPU agar tidak ada data yang hilang dari RAM tersebut.

SDRAM (Sychronous Dynamci RAM), Adalah Jenis RAM yang merupakan pengembangan dari DRAM (Dynamic RAM). Bedanya pada SDRAM sudah terdapat Fitur sinkronisasi oleh Clock sistem. Jenis RAM ini juga sudah mendapatkan pengembangan dari segi kecepatan akses. Sehingga kecepatan akses pada RAM jenis ini cocok dengan Sistem dengan Bus yang memiliki Kecepatan Hingga 100 MHz.

RDRAM (Rambus Dynamic RAM), Adalah Jenis RAM  yang lebih cepat dari pendahulunya. Tentunya Jenis RAM ini lebih mahal Dari SDRAM. memori ini bisa digunakan pada sistem terbaru seperti Pentium 4.

SRAM (Static RAM), adalah Jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran oleh CPU karena sudah dilakukan secara  otomatis. sehingga data tidak hilang walaupun tidak di segarkan oleh CPU. Jenis Memori ini memiliki kecepatan yang lebih besar dari DRAM dan SDRAM.

EDO RAM (Extended Data Out RAM, adalah Jenis Memori yang digunakan untuk menggantikan SRAM yang digunakan pada Pentium. Cocok untuk anda yang menggunakan Sistem dengan Bus berkecepatan 66 Mhz

Contoh Penggunaan RAM

Misalnya anda sedang mengetik sebuah Dokumen, Baik itu Berupa Word, Excel, Maupun PowerPoint. Nah, Data ketikan yang belum anda simpan itu sudah disimpan secara pasif Oleh RAM sehingga Data tersebut tetap bisa tampil di layar monitor anda dan dapat anda akses. Contoh lainya adalah Saat anda memutar sebuah Video, Data dari Video tersebut sudah disimpan terlebih dahulu Oleh RAM dengan Sistem Cache sehingga Video tersebut dapat anda putar.

Gambar RAM

Itulah Sedikit Ulasan tentang apa yang dimaksud dengan RAM. Jika Masih ada hal yang tidak anda mengerti atau hal lain yang mungkin bertentangan dengan Pengertian RAM menurut anda. Anda dapat memberikan Komentar.

Tags:

About The Author

Reply