Cara Mengecilkan Resolusi sebuah gambar atau foto

Buat Anda yang memiliki jiwa Photografer sudah tentunya sudah sangat mahir dalam dunia pemotretan, namun sudah tahukah Anda beberapa cara atau penerapan yang dipakai pada dunia pemotretan diantaranya mengedit sebuah foto dari asli yang sedikit tidak bagus menjadi bagus dan juga sangat banyak sekali cara yang diterapkan pada dunia pemotretan.

Kali ini kami akan memberikan tutorial yang sangat sederhana mengenai cara memperkecil ukuran foto atau me-Risize  ukuran gambar foto dari yang besar menjadi ukuran yang kecil tentunya. Jika Anda menggunakan kamera seperti DSLR atau kamera sejenis Coplix atau kamera saku  yang sudah mengusung kualitas kamera 20 MP (Mega Pixel) keatas, sudah tentunya dengan kualitas yang bagus, memberikan efek kepada ukuran pada sebuah gambar yang diambil pada kamera tersebut. 
Dampak yang ditimbulkan ketika saat Anda ingin meng-Upload sebuah foto dengan ukuran yang besar, tentu juga sangat banyak memakan ruang atau jika terhubung dengan internet, sangat besar memakan data internet Anda, Nah dengan hal tersebut, kita masih bisa mengakalinya dengan memperkecil sebuah ukuran resolusi foto yang ada sehingga dengan mudah tanpa hambatan kita dapat meng-Upload gambar.
Tujuan dari memperkecil resolusi pada sebuah gambar adalah ketika suatu saat Anda ingin mendaftarkan diri pada sebuah lembaga atau pekerjaan, dan pada sebuah lembaga tersebut mengaruskan pada persyaratan untuk meng-Upload gambar/foto dalam ukuran kecil tertentu dengan format yang berbeda, sebagaimana semestinya yang diinginkan pada lembaga tersebut.
Kini sudah banyak sekali software-software yang dapat melakukan pengecilan resolusi sebuah gambar atau foto, salah satu nya dengan menggunakan software khusus. Bukan pada software saja kita bisa melakukan hal tersebut, bahkan pada pada sebuah web sudah menyediakan pelayanan untuk mengedit atau memperkecil sebuah resolusi pada sebuah gambar atau foto dengan mengadalkan jaringan internet saja tetapi tidak bisa digunakan pada keadaan offline.
Namun untuk kali ini kami akan memberikan tutorial cara memperkecil resolusi sebuah gambar atau foto dengan menggunakan sabuah software yang mudah dipahami, dan tidak memberatkan Laptop atau PC Anda. Software tersebut ialah PhotoScape. Dengan PhotoScape Anda dengan sangat mudah melakukan memperkecil sebuah ukuran resolusi pada gambar atau foto. Nah bagi Anda yang belum tahu bagaimana caranya, mari ikuti beberapa langkah berikut dibawah ini.
Cara memperkecil resolusi gambar atau foto dengan PhotoScape
Pertama, buka terlebih dahulu software PhotoShop bagi yang belum mempunyai software PhotoScape download saja disini.

Kedua, jika sudah terbuka, pilih saja pada menu Edittor.

Ketiga, sekarang pilih gambar atau foto yang ingin Anda perkecil resolusinya.


Keempat, sekarang Anda bisa memilih tanda tiga hitam pada menu RESIZE, kemudian pilih ukuran resolusi yang ingin Anda kecilkan. Karena kami menggunakan Dalam Versi Indonesia, maka pilihannya adalah pada Atur Ukuran.



Kelima. Hasil perubahan langsung bisa Anda lihat setelah Anda memilih ukuran yang ingin diperkecil seperti gambar dibawah ini.

Keenam, Anda bisa langsung menyimpan foto terasebut pada folder picture yang telah sediakan dengan pilihan Save As.

Terakhir, disini Anda bisa melihat bagaimana perubahan dari dari hasil sebelumnya gambar atau foto yang besar ukuran resolusinya, kini menjadi kecil.

Selesai, dan yang perlu Anda ketahui prinsip daripada mengubah resolusi pada sebuah gambar atau foto yaitu secara otomatis mengecilkan resolusi pada sebuah foto, maka ukuran pada sebuah file tersebut juga akan mengalami perubahan yaitu juga ikut diperkecil, sehingga peluang mudah untuk Anda ingin mengupload sebuah foto pada jejaring sosial akan Anda dapatkan. Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.

About The Author

Reply