Detail Fitur Android 5.0 Lollipop Yang perlu Anda ketahui

Android 5.0 L atau yang lebih di kenal dengan Nama Android Lollipop adalah Sistem Operasi Android yang telah di rilis  beberapa saat yang lalu. Android 5.0 Lollipop Sudah dapat di gunakan pada perangkat – perangkat Android Seperti Samsung, Google Nexus, HTC, Xiami, dan lain – lain. Android 5.0 lollipop membawa tampilan yang lebih segar dan lebih rapi. tampilan terbaru pada Android 5.0 Lollipop Disebut “Material Design”. Material design menggukana Ikon Flat, warna border yang lebih solid, serta animasi yang lebih sederhana dan lancar dibandingkan dengan versi android sebelumnya (Android Kitkat 4.4) yang bertujuan untuk kenyamanan pengguna. selain dari permbaharuan dari segi tampilan. Google turut menyematkan berbagai fitur baru pada Sistem operasi besutannya ini.
Seperti misalnya Lockscreen yang di optimasi dan ditambahkan beberapa fitur baru. Lockscreen pada Android 5.0 Lollipop telah di tambahkan Menu navigasi Notifikasi yang baru. jadi dengan mudah anda bisa mellihat notifikasi terbaru tanpa perlu repot. kehebatan Sistem operasi terbaru ini bukannya sampai disitu. Android 5.0 Lollipop juga merupakan Sistem operasi pertama besutan Google yang mendukung Arsitektur 64-bit. untuk Lebih Detailnya, berikut merupakan fitur baru yang disematkan dalam Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop :

Material Design

Android 5.0 Lollipop Menggunakan Design yang baru Untuk dijadikan tampilan andalan milik mereka. ya, Desain terbaru pada android ini diberi Nama “Material Design”. Material Design Merupakan Sebuah UI toolkit yang perluas dan di perhalus untuk di integrasikan dengan pola desain baru dengan mudah dalam sebuah aplikasi yang anda milliki. Material Design menggunakan Pandangan 3D baru yang memungkinkan pengguna untuk mengatur dan mengelola aplikasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan memberikan bayang – bayang realtime pada sistem.
Transisi yang terdapat pada material design UI juga mendapatkan efek yang lebih baik dan lebih mulus.  gerakan animasi pada efek transisi Material design UI juga sangat indah dan ringan. bahkan anda dapat mengubah jenis gerakan transisi yang terdapat pada UI toolkit yang satu ini.
Material Design juga telah mendapatkan penambahan sebuah sistem pengolahan data yang baru. Sistem tersebut memungkinkan sebuah aplikasi yang mengalami keterlambatan tampilan dipercepat sehingga pengguna dengan Leluasa dapat membuka aplikasi tersebut. Fitur ini disebut RenderThread. masih banyak hal baru yang akan anda temukan Di Material Design UI di Android 5.0 Lollipop.

Mendukung Arsitektur 64-bit Dan peningkatan Dukungan Sistem lain

Untuk pertama kalinya, Android memberikan dukungan dan kompatibilitas penuh untuk perangkat dengan arsitektur 64-bit. yang artinya  Google telah memberikan dukungan pada perangkat android yang saat ini sudah memakai teknologi 64-bit pada perangkatnya. Tidak bisa kita pungkiri bahwa teknologi 64-bit  sudah mulai merambah didunia smartphone.  Contoh saja seperti Smartphone OnePlus terbaru yang memakai teknolologi ini dan masih banyak lagi.

Bukan hanya menambahkah Dukungan baru pada perangkat dengan arsitektur 64-bit. Android 5.0 Lollipop juga menerima banyak sekali tambahan baru yang membuat kompatibilitasnya makin meningkat pada arsitektur ARM dan 32-bit. Untuk itu Android 5.0 Lollipop benar – benar memberikan perubahan yang bagus.

Bluetooth Low Energy (BLE)

baru – baru ini Google sudah menambahkan API baru pada Android 5.0 Lollipop. API tersebut memungkinkan penggunaan Bluetooth Pada Perangkat Android anda lebih hemat Baterai.

Dukungan Baru Untuk TV

Android 5.0 Lollipop Memeberikan Nuansa baru Untuk platform TV. Android 5.0 Lollipop yang di sematkan kedalam sebuah TV telah disederhanakan dengan berbagai macam fitur baru seperti Rekomendasi dan Pencarian via suara. Masih banyak lagi fitur baru yang tersedia di Android 5.0 Lollipop untuk TV

Lebih Hemat Baterai Dan Statistik penggunaan Baterai

salah satu kelemahana besar yang tedapat pada Smartphone Android adalah pemakaian Baterai yang sangat boros. Untuk menutupi Permasalahan itu, pada Android 5.0 Lollipop Telah disediakan Fitur hemat baterai bawaan yang lebih baik dan lebih signifikan dalam menghemat baterai Smartphone Android Anda. Android 5.0 Lollipop juga telah mendapatkan fitur yang memungkinkan pengguna melihat penggunaan Baterai berdasarkan Konsumsinya, Fitur ini pastinya akan sangat membantu anda dalam penggunaan Smartphone Anda sehari – hari.

Peningkatan Fitur NFC

apa itu NFC? NFC adalah maksudnya adalah sebuah fitur yang memungkinkan Pengguna mengirim berkas hanya dengan memberikan Sentuhan pada dua perangkat yang berbeda. Android 5.0 Lollipop telah menambahkan banyak sekali peningkatan yang memungkinkan Transfer data melalui NFC dapat dilakukan lebih cepat dan mudah.

Kinerja Grafis yang ditingkatkan

Kini Android 5.0 Lollipop Mendukung lebih banyak hardware GPU yang terbaru. Jadi, Smartphone anda yang memiliki GPU yang memumpuni, maka anda patut gembira dengan hadirnya Android 5.0 Lollipop. Android 5.0 Lollipop juga menyediakan API OpenGL terbaru yang bernama OpenGL ES 3.1 Khronos yang meningkatkan kemampuan shader dan frame pada sebuah game. masih banyak lagi fitur baru yang disematkan dalam Android 5.0 Lollipop untuk segi Grafis.

Kamera + Video yang labih Canggih

Android 5.0 Lollipop mendapatkan API baru untuk segi Kamera dan Perekaman Video pada sistemnya. API ini memungkinkan Smartphone anda untuk mendapatkan dukungan format RAW dan YU. API ini juga memungkinkan pengguna mendapatkan Kontrol Lebih leluasa dari hasil photo yang telah di ambil. Tidak hanya dari segi Kamera, Perekaman Video juga banyak mengalami Peningkatkan Yang cukup Signifikan. Salah satunya adalah Efisiensi Tinggi Video Coding (HEVC) yang memungkinkan video yang direkam mendapatkan Codec yang komplit, bahkan dukungan Untuk resolusi 4K juga ditingkatkan pada sistem operasi terbaru ini.

Sebenarnya masih banyak fitur baru yang disematkan dalam Sistem Operasi Terbaru untuk Smartphone, Tablet, Dan TV milik Google ini. Akan tetappi kami tidak bisa mengulas semuanya mengingat banyaknya fitur yang disediakan oleh pengembang sistem ini. jika anda tertarik untuk mengetahui Semua fitur baru yang disematkan di Android 5.0 Lollipop. Anda dapat membuka Laman Resmi Android Disini

About The Author

Reply