Rufus – Sofware Pembuat Flash Drive Bootable Windows, Linux dan lainnya Gratis

 Rufus merupakan sebuah Software utilitas yang dapat membuat sebuah Bootable USB Flash Drive (Flash Disk). Rufus dapat dengan mudah mengubah berbagai Jenis Flash Drive menjadi sebuah “Bootable” berbagai Jenis Sistem Operasi. Rufus memang dirancang Khusus untuk anda yang membutuhkan Sebuah media Instalasi USB dari berkas Booting ISO (windows, Linux, UEFI, Dan sebagainya. Rufus juga berguna untuk anda yang bekerja pada sebuah sistem yang tidak memiliki Sistem operasi yang telah di pasang, anda yang memerlukan flash Sebuah BIOS atau firmware lainnya dari DOS, dan anda yang menginginkan sebuah utilitas yang ringan. Rufsu memang berukuran kecil, Namun aplikasi ini menyediakan apa pun yang anda butuhkan untuk membuat sebuah Media “bootable flash drive”.

kelebihan lain yang ditawarkan oleh aplikasi satu ini adalah kecepatannya. Rufus dapat dengan mudah membuat sebuah media Instalasi dalam sebuah Flash drive lebih cepat dari aplikasi lainnya. Contohnya saja seperti; UNetbootin, Universal USB Installer atau Windows 7 USB download tool. dari ketiga aplikasi pembuat bootable di flash drive diatas, Rufus merupakan yang ter cepat. Rufus juga tersedia dalam banyak bahasa. dan tentunya aplikasi ini menyediakan bahasa Indonesia untuk diterapkan di dalamnya.

Rufus juga tidak memerlukan instalasi, karena software ini bersifat portable yang artinya dapat berjalan secara mandiri tanpa perlu di pasang di sistem operasi windows. hal ini memberikan nilai lebih untuk aplikasi ini. Rufus juga merupakan aplikasi yang gratis, anda tidak perlu mengeluarkan Uang untuk menggunakan aplikasi ini. jadi anda tidak perlu melakukan pemborosan untuk menggunakan fungsinya.

Sistem Operasi yang Di dukung oleh Rufus :

  • LINUX Dan Lainnya
    FreeNAS,Gentoo, GParted, gNewSense, Hiren’s Boot CD, LiveXP, Knoppix, KolibriOS, Kubuntu, Linux Mint, NT Password Registry Editor, OpenSUSE, Parted Magic, Partition Wizard, Raspbian, ReactOS, Red Hat, rEFInd, Slackware, Super Grub2 Disk, Tails, Trinity Rescue Kit, Ubuntu, Ultimate Boot CD

  • WINDOWS
    Windows XP SP2, Windows XP SP3, Windows Server 2003 R2, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Dan yang terbaru Windows 10)

apa yang baru di rufus?

Saat ini Rufus sudah mencapai versi 2.1 yang baru saja dirilis pada 23 Maret 2015 dengan sejumlah perbaikan bug dan penambahan fitur yang tentunya makin membuat aplikasi ini berguna untuk anda. perubahan yang terjadi pada versi 2.1 adalah :

  1. Tambahan Dukungan untuk “UEFI:NTFS boot” versi 32-bit
  2. Tambahan”UEFI:NTFS Boot” instalisasi Mandiri dalam tingkat lanjut
  3. Tambahan terjemahan Bahasa Vietnam
  4. Menonaktifkan Dukungan untuk berkas ISO yang Menyembunyikan versi “GRUB”
  5. perbaikan Instalasi Windows UEFI yang rusak saat menggunakan GPT / NTFS
  6. perbaikan dari pembentukan Instalasi Windows 10 UEFI veris 32 bit
  7. Peningkatan Lainnyacara mendownload Rufus

Screenshot

Cara mendownload Rufus

Bagaimana? rufus tentunya memberikan banyak kemudahan untuk anda. kami menggunakan aplikasi ini untuk membuat media Instalasi melalui Flash drive milik kami. Tentunya aplikasi ini sangat berguna dan sangat mudah digunakan. jika anda ingin mencoba atau menggunakan Aplikasi ini, anda dapat mendownloadnya Disini. jika anda tidak mengerti cara mendownload aplikasi ini, anda dapat mengikuti cara di bawah ini :

  • Gulir kebawah sehingga anda akan menemukan Teks yang bertulis kan Download. lalu Pilihlah versi yang ingin anda unduh (misal: Rufus 2.1) Seperti pada gambar dibawah

  • Klik teks tersebut maka secara otomatis aplikasi tersebut akan di unduh, Selesai

About The Author

Reply