Cara Mudah membuat Kalkulator sendiri dengan Notepad

Kali ini kami ingin memberikan tutorial berupa cara untuk membuat Kalkulator sendiri Dengan menggunakan software bawaan Windows. yaitu Notepad.  dengan menggunakan cara ini. kita tidak perlu repot – repot untuk menyusun kode panjang dan rumit yang pastinya akan membuat kepala anda pusing tujuh keliling.

Namun, tentu saja hasil dari pada menggunakan cara ini tidak akan begitu memuaskan. Kalkulator yang dihasilkan terbilang cukup sederhana atau bahkan sangat sederhana. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba bukan? oke, ini dia langkah – langkah membuat kalkulator sendiri dengan Menggunakan Notepad :



  • Pertama, Bukalah Software Notepad. (Windows 8; cari di search kata Kunci ‘Notepad’ dan anda akan menemukan software Tersebut)

  • Kedua, Copy-kan Script dibawah ini kedalam Notepad :

@echo off
title JalanTikus.com Calculator
:ulang
echo Mari Berhitung!
set /p A=Masukkan Angka Pertama =
set /p B=Masukkan Angka Kedua =
set /p o=Pilih Operator Hitung (*, +, -, /) =
set /a “jumlah” = A%o%B
echo Jumlah = %jumlah%
pause>null
goto ulang

  • Ketiga, simpan Script tersebut dengan Menekan Ctrl + S pada keyboard atau dengan memilih file > Save as…:

  • Keempat, simpan dengan nama “Calculator.bat” (Tanpa tanda petik) :

  • Kelima, Cobalah kalkulator tersebut :

  • Selesai, Mudah Bukan?


Tentu saja, Tidak ada UI interface yang menarik dari Kalkulator yang telah kita buat ini. karena kode yang kita gunakan merupakan script sederhana yang hanya menjalankan Fungsi khusus pengoperasian matematis, Seperti; perkalian, Pembagian, Penambahan, serta pengurangan saja. setidaknya kita sudah mempelajari Cara sederhana untuk membuat sebuah Kalkulator. terima kasih sudah berkunjung.

dapatkan News, Tips & Trik, dan Review  seputar informasi teknologi dari blog ini. kami juga menyediakan Software, dan games pilihan dan anda bisa mendownload/Mengunduhnya dengan mudah. Semuanya akan anda dapatkan di Mekulat dengan cara mengikuti Perkembangan Blog ini Di facebook, Twitter.

About The Author

Reply