Masih Bingung Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook ?

Sampai saat ini masih banyak orang masih bingung dengan istilah nama Laptop, Notebook, dan Netbook. Kini banyak orang juga mengartikan pada alat elektronik ini satu dengan beberapa anggapan, ada sebagian orang mengatakan bahwa Netbook itu laptop dan bahkan sebagian dari orang mengatakan sebaliknya.

Pada jaman yang super canggih ini laptop sudah menjadi sebuah alat yang tidak bisa dipisahkan didalam kehidupan orang dikarenakan ada tuntutan produktifitas dalam sehari-hari. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin memiliki baik itu Laptop, Notebook maupun Netbook setidaknya Anda bisa mengetahui sedikit perbedaan antara kedua jenis tersebut.

Ditinjau dari nama “Laptop, Notebook dan Netbook”

Jika dilihat dari segi namanya perbedaan antara Laptop, Notebook, Netbook bukan memiliki satu nama yang sama, dari ketiga jenis nama tersebut bahwa ketiganya berasal dari bahasa Inggris, yang paling terutama dengan nama sebutan Laptop. Banyak juga yang menganggap bahwa kata Laptop berasal dari bahasa Indonesia, padahal jika kita artikan dalam bahasa Indonesia, Laptop merupakan komputer yang bisa dijinjing atau dibawa kemana saja. Dikarnakan pemanggilan Laptop sudah menjadi budaya bagi kalangan banyak maka dengan demikian nama tersebut sudah melekat pada semua komputer Portable lainnya.

Dilihat dari ukuran 

Ini mesti Anda ketahui karena jika disebut dengan Netbook maka ukuran layar pada Netbook adalah antara 6 sampai 13 inchi, sedangkan Notebook memiliki layar bentang antara 13.1 sampai dengan 18 inchi dan jika dengan Laptop diusung dengan layar dan tebal dengan ukuran lebih dari 18 inchi tentu nya dan memiliki massa yang berat.

Dari segi spesifikasi

Kita akan membahas spesifikasi dimulai dari Netbook. Netbook jika dilihat dari bentuk fisiknya yang memiliki ukuran layar antara 6 sampai dengan 13 inchi, maka tentu tidak memiliki spesifikasi yang begitu tinggi, pada umumnya Netbook hanya dibekali processot dari level menengah kebawah dan hanya memiliki RAM 1 GB. Serta dari grafis layar yang masih standar. Dan juga pada Netbook tidak memiliki ruang untuk DVD atau sering disebut dengan istilah DVD ROM. Sedangkan jika dilihat Notebook. Notebook adalah sebuah evolusi dari Laptop dengan spesifikasi yang sudah memadai ketimbang Netbook dan juga hampir sama dengan komputer jenis PC lainnya. Notebook sudah memiliki ruang penyimpanan yang besar atau disebut dengan Hardis, dan sudah tersedia juga ruang untuk DVD ROM, namun masih ada juga beberapa Notebook yang belum tersedia DVD ROM karena tuntutan dari segi ketipisan barang.

Kesimpulan

Jadi sampai saat ini masih sangat sulit untuk membedakan yang mana Laptop dan Notebook. Karena bisa dilihat dari kesamaan tujuan alat tersebut dengan satu tujuan, dan Notebook adalah merupakan Reinkarnasi dari pada Laptop, dengan macam komponen yang masih tidak jauh berbeda. Nah sedangkan untuk Netbook hanya bisa dibedakan dari segi ukuran layar dan tidak memiliki DVD ROM.

About The Author

Reply