cara Menonaktifkan Windows Update and shutdown di Windows

Salah satu yang memang harus diperhatikan untuk menjaga peforma komputer Anda yaitu dengan memperbaharui sistem operasi dengan cara Update. Update komputer memang sangat diperlukan demi untuk meningkatkan kinerja sistem dan pembaharuan fitur fitur baru. Namun pada saat instalasi, windows memanfaatkan beberapa file untuk digunakan oleh sistem operasi, dan pada langkah ini Windows akan menggantikan tulisan Shut Down menjadi dengan Install update and Shut Down  yang berada pada start menu, tepatnya pada saat proses Anda ingin mematikan komputer.

Hal tersebut sungguh sangat tidak nyaman jika disaat Anda sedang terburu-buru untuk mematikan komputer tanpa harus menunggu proses update windows selesai. Nah yang sangat menyebalkan juga Anda tidak sengaja memilihnya sampai Anda terpakasa harus menunggu. Namun Anda tidak usah bingung dengan kejadian tersebut. Kami akan memberikan solusi untuk mematikan atau menonaktifkan pilihan windows update yang terdapat pada start menu ketika Anda hendak mematikan komputernya.

Cara mematikan Windows update and Shut Down pada start menu

  • Jalankan Run command dengan cara tekan tombol Windows+R. Isikan pada kolom tersebut dengan Regedit.
  •  Cari dan buka pada lokasi HKEY_CURRENT_USERSoftware – Policies – Microsoft lalu Windows.

  • Arahkan terus kebawah supaya mendapat kan lokasi yang kami perintahkan diatas.
  •  Pada folder Windows Anda harus membuat sebuah key baru dengan nama WindowsUpdate dengan cara klik kanan pada folder windows dan pilih New lalu Key.
  •  Buka key WindowsUpdate yang baru Anda buat kemudian buatlah key baru didalam key WindowsUpdate tadi dengan nama AU dengan cara yang sama seperti membuat WindowUpdate.
  • Terakhir, Buat nilai DWORD yang baru dengan cara, Klik kanan dan pilih DWORD (32-bit) value. Kemudian masukkan nama NoAUAsDefaultShutdownOption. Dan jangan lupa memberikan dengan nilai 1.

Nah Sekarang komputer Anda tidak akan ada opsi Install updates ketika windows ingin di Shut Down. Install updates and Shut down akan muncul dan ketika Anda menekan pada tombol panahnya dan akan ada opsi tersendiri, apabila Ada waktu luang Anda dapat melakukan instalasi update windows sendiri.

Apabila Anda ingin mematikan Install updates and shut down secara permanen caranya dengan  membuat DWORD dengan nama NoAUShutdownOption. Klik kanan dan pilih DWORD (32-bit) value, masukkan nama NoAUShutdownOption jangan lupa juga disikan dengan nilai 1.
Maka Anda tidak dapat menemukan tombol tersebut pada start Menu.

Terkadang ada juga tiba-tiba Windows akan merestart dengan sendirinya jika update windows sudah Anda tentukan jadwalnya. Tidak usah panik, Anda juga dapat mematikannya dengan cara berikut ini.

  • Buat DWORD baru dengan nama NoAutoRebootWithLoggedOnUsers dan disikan dengan nilai 1. cara nya juga sama dengan cara yang diatas.

Hanya inilah beberapa tutorial cara untuk mematikan atau menonaktifkan Install updates and shut down pada windows yang sudah memiliki fitur windows update otomatis. Terimakasih atas kunjungannya semoga bermanfaat.

Dapatkan News, Tips & Trik, dan Review  seputar informasi teknologi dari blog ini. kami juga menyediakan Software, dan games pilihan dan anda bisa mendownload/Mengunduhnya dengan mudah. Semuanya akan anda dapatkan di Mekulat dengan cara mengikuti Perkembangan Blog ini Di facebook, Twitter.

About The Author

Reply