Ponsel Tercebur kedalam air? Ini Solusinya

Ponsel Tercebur kedalam air? Ini Solusinya

Teknopoin.com – Apakah Anda salah satu yang pernah mengalami kejadian ponsel tercebur dalam air ? Apa benar Anda langsung menyalakan ponsel tersebut dalam keadaan basah ? Menyalakan dalam keadaan basah, bukan mejadi solusi, bahkan menjadi lebih parah nantinya. Lalu bagaimana Anda menyikapi ketika ponsel yang Anda gunakan masuk kedalam air ?

Ketika ponsel tercebur kedalam air yang kita takutkan apakah ponsel tersebut masih benar-benar bisa menyala dan berfungsi. Kebanyakan orang melakukan kan tindakan dengan mengeringkan seadanya lalu menyalakannya, komponen-komponen yang di aliri arus listrik yang berada didalam ponsel dapat terjadi kontak arus atau biasa disebut dengan korslet.

Namun sebenarnya jika Anda berada pada kondisi tercebur ke air tawar, kemungkinan besar kans ponsek dapat bekerja dengan normal kembali, dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Berikut Cara mengatasi Ponsel, Smartphone Jika Tercebur Kedalam Air

01 – CABUT BATERAI

Salah satu langkah yang harus cepat tanggap adalah melepas baterai dari ponsel. Jika baterai tidak dapat dilepas dari ponsel Anda juga dapat mematikan ponsel terdsebut sampai benar dalam keadaan off.

02 – SEGERA UNTUK DIKERINGKAN

Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan ketika ponsel tercebur kedalam air adalah untuk segera dikeringkan bisa dengan di lap dengan tisu sebagaimana yang bisa Anda jangkau. Yang perlu Anda perhatikan adalah jangan sesekali menggunakan hairdryer, karena penyebab angin berasal dari hairdyer dapat menggerakkan cairan yang ada dalam ponsel Anda bergerak keseluruh sela-sela ponsel.

03 – PONSEL DALAM KONDISI BENAR-BENAR KERING

Kondisi ponsel tercebur dalam waktu dekat kemungkinan cenderung bagian ponsel masih basah, untuk itu ponsel sangat membutuhkan waktu yang lama untuk benar-benar kering. Alangkah baiknya jika Anda mempunyai dryer box isi dengan silica gel, yang bisa Anda dapatkan di tempat-tempat yang menjual bahan-bahan kimia. Disitu Anda biasa meletakkan ponsel yang basah tadi dengan menunggu dalam beberapa hari. Karna dengan kesabaran semua akan berjalan dengan baik, tanpa kesabaran tersebut, semua yang ingin Anda lakukan tadi akan mendapat hasil yang sia-sia.

04 – GUNAKAN BERAS SEBAGAI ALTERNATIF PENGERINGAN

Jika Anda tidak mempunyai alat seperti dry box dan silica gel yang telah kami sebutkan diatas tadi, Anda juga bisa menjadikan beras sebagai alternatif untuk pengeringan ponsel. Cara nya lakukan dengan memasukkan beras dengan secukupnya kedalam toples atau wadah yang jauh dengan jangkauan air, dan masukkan ponsel kedalam beras yang sudah Anda siapkan tadi hingga terkubur, karna peran beras bisa menyerap kelembaban pada ponsel, dengan membiarkan dalam beberapa hari bahkan minggu.

KESUMPULAN

Setelah Anda melakukan langkah-langkah diatas dengan memerlukan waktu yang cukup lama, Anda dapat memasangkan baterai dan bisa untuk menyalakan kembali, jika kondisi ponsel benar-benar kering maka, kemungkinan besar ponsel dapat menyala dengan normal, tetapi jika tidak maka langkah terakhir Anda dapat membawa ke tempat yang menerima jasa service terdekat.

Namun, berbeda dengan hal yang satu ini, jika ponsel Anda bukan terecebur kedalam air tawar yang kami maksud itu ponsel tercebur kedalam air asin seperti air laut yang bersifat korosif. Langkah yang bisa Anda lakukan dengan mencabut baterai yang berada didalam ponsel, lalu dapat disiram dengan air tawar atau dengan air yang bersih, dan juga dapat direndam dan menguceknya dengan secukupnya dan setelah itu Anda dapat melakukan dengan langkah-langkah pengeringan yang telah kami sebutkan diatas.

Apabila Anda tidak merendamkan kedalam air tawar atau dengan air yang bersih, maka ponsel kemungkinan akan mudah cepat terjadi kerusakan pada bagian dalamnya. Kebiasaan ponsel akan terjadi korosif dalam waktu yang cepat kurun waktu sehari sudah bisa Anda lihat dampak kerusakannya. Terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat. Jangan lupa komentar Kamu akan Kami tunggu.

About The Author

2 Comments

  1. kautsar juhari 9, Agustus 2014 Balas
  2. kautsar juhari 9, Agustus 2014 Balas

Reply