Cara Meningkatkan Kinerja RAM pada Windows

Cara Meningkatkan Kinerja RAM pada Windows

Teknopoin.com – RAM ( Random access Memory ) yang lebih dikenal dengan sebutan RAM di kalangan banyak orang. RAM merupakan komponen umum yang dibutuhkan setiap PC atau komputer yang fungsinya untuk menanggung kinerja komputer pada saat Anda menjalankan nya, semakin besar kapasitas RAM, maka semakin cepat pula kinerja komputer atau PC Anda.

Disini Anda bisa bisa mengambil langkah mudah untuk meningkatkan RAM pada komputer Anda demi meningkatkan kinerja pada PC Anda sendiri.

Berikut Cara Meningkatkan Kinerja RAM pada Windows

01 – Run ReadBoost 

Seperti sebelumnya sudah kami menjelaskan cara menambahkan RAM dengan Flashdisk pada Windows. Tapi tak salah nya kita mengkaji kembali cara untuk menigkatkan kinerja RAM pada Windows. Fitur Microsoft ReadyBoost yang diperkenalkan pada Windows Vista membutuhkan USB drive yang menawarkan setidaknya 256 megabyte penyimpanan. Waktu akses lebih kurang dari 1 milidetik. Kecepatan membaca sebesar 2,5 megabyte per detik untuk 4KB. tak usah berlama-lama lagi langsung saja Anda lakukan langkah-langkah nya dengan mengklik kanan USB drive di My Computer, membuka Properties, dan kemudian navigasi ke tab ReadyBoost

Cara Meningkatkan Kinerja RAM pada Windows

02 – Gunakan Windows Task Manager & Resource Monitor

Cara termudah untuk membuka ruang atau membebaskan RAM salah satu cara adalah membuka Windows Task Manager. cara nya, arahkan ke Tab processes dan kemudian mengurutkan daftar program yang terbuka dengan memori. Dengan ini akan terungkap proses yang memakan volume yang luar biasa besar memakan RAM.

Anda dapat melihat lebih banyak informasi dengan pergi ke tab Performance, membuka Resource Monitor, dan kemudian navigasi. Disini juga, Anda akan melihat informasi yang ditemukan pada Windows Task Manager secara grafik yang memperinci bagaimana sistem Anda saat ini mengalokasikan RAM.

Cara Meningkatkan Kinerja RAM pada Windows

03 – Matikan atau hapus beberapa Software yang tidak perlu

Ketika Anda menavigasi Windows Task Manager dan Resource Monitor, Anda mungkin pasti melihat beberapa program yang secara konsisten bermasalah. Anda dapat meng-uninstall program yang tidak perlu tentunya, dengan ini semakin besar kemungkinan Anda dapat menjalankan sistem ketika proses boot.

Cara Meningkatkan Kinerja RAM pada Windows

04 – Instal RAM Cleaner

Jika Anda menjumpai program yang mengganggu, dan Anda tidak tidak terbiasa menggunakanWindows Task Manager, Anda dapat meng-instal sebuah program untuk untuk membersihkan RAM Anda.

Anda juga harus Berhati-hati, meskipun bahwa alat ini bekerja secara kontroversial. Sementara beberapa pengguna telah melaporkan kesuksesan nya atas pengalamannya.

Cara Meningkatkan Kinerja RAM pada Windows

05 – Menambahkan RAM

Untuk mecoba langkah selanjutnya untuk meningkat kan kinerja komputer adalah menambahkan kapasitas RAM. Sebelumnya Anda harus memeriksa slot RAM yang tersedia pada komputer, menurut info yang kami temukan, slot yang tersedia lebih dari satu slot hanya tesedia pada laptop bukan pada notebook, sehingga Anda dengan mudah menambahkan RAM pada laptop. karena yang pastinya pada laptop memiliki ruang slot lebih, tidak harus menggantikan dengan RAM yang baru dengan kapasitas yang lebih besar dari yang bawaannya. sedangkan pada notebook sebagaimana yang telah kami sebutkan tadi, secara mutlak Anda harus menggantikan dengan yang baru RAM dengan kapasitas yang lebih tinggi dari yang telah tersedia sebelumnya.

Cara Meningkatkan Kinerja RAM pada Windows

Terimakasih telah berkunjung semoga bemanfaat, jangan lupa ikuti terus perkembangan informasi yang terbaru di teknopoin.com OKE

About The Author

Reply