Beberapa Penyebab Blue Screen di Windows yang Harus Anda Kenal


Mekulat.com –Pada kesempatan ini kami ingin membagikan beberapa masalah pada windows, Salah satu diantara nya adalah blue screen. Blue screen mungkin menjadi masalah yang cukup besar bagi pengguna windows dan juga di sertai faktor usia laptop/PC yang semakin tua. Istilah Blue Screen aslinya adalah BSOD ( Blue Screen Of Death ) dimana tampilan windows ketika terjadi kesalahan sistem atau error. Penyebab blue screen sendiri terjadi kerena berbagai faktor diantara nya :

Pertama,  Machine_Check_Exception
Salah satu faktor ini di sebabkan terjadi masalah pada hardware, misalnya terjadi kerusakan pada motherboard sehingga overclock, efek nya berlebihan daya yang di hasilkan oleh power supply. Solusi nya, sebaik nya mengecek komponen dari PC/Laptop Anda demi mencegah kerusakan yang mendalam.

Ke Dua, Pen_List_Corrupt Error message 
Perintah yang muncul seperti ini, biasanya terjadi ketika adanya terjadi error atau cacat pada RAM.

Ke Tiga, Bad_Pool_Caller Error 
Pesan ini yang terjadi biasanya disebabkan karena driver yang tidak sesuai dengan biasanya. Kejadian ini juga terjadi ketika usai menginstal ulang atau menginstal driver baru.

Ke Empat, Video_Driver_Init_Failure Error 
Muncul nya pesan ini diakibat kan dari VGA yang tidak valid atau kesalahan ketika Anda mengintal VGA tersebut.

Ke Lima, IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL(0X0000000A) Error 
Pesan yang satu ini paling sering terjadi, dan ada beberapa penyebab misalnya seperti masalah driver yang tidak cocok dengan PC/Laptop, masalah VGA yang tidak terUpdate driver baru, dan masalah audio card yang terdapat bug.

Ke Enam,Ntfs_File_System (0X00000024) atau Fat_File_System (0X00000023) Error 
Mucul nya pesan ini terjadi biasanya pada partisi atau file sistem, solusi dari penyebab itu Anda bisa mengecek kabel SATA atau PATA. Dan Anda juga bisa mengecek partisi menggunakan chkdsk.

Ke Tujuh, Unexpected_Kernel_Mode_Trap (0X0000007F) 
Pesan ini biasa nya terjadi disebabkan karena overclock yang berlebihan, Bios yang corrupt dan efek panas nya suhu PC/Laptop yang berlebihan, dan tidak hanya itu kemungkinan terjadi kerusakan pada part CPU

Ke Delapan, Data_Bus_Error Error 
Hal seperti ini biasanya penyebab nya terjadi kerusakan pada RAM atau Slot RAM yang terdpat pada motherboard.

Ke Sembilan, Page_Fault_In_Nonpaged_Area 
Pesan yang mucul ini biasanya penyebab nya terjadi kerusakan pada hardware dan termasuk juga memory utama, memory video card atau memory procesor.

Ke Sepuluh, Inaccesible_Boot_Device Error
Pesan seperti ini terjadi biasa nya akibat kesalahan pada pengaturan jumper hardisk, virus boot sector, drive IDE controller yang terjadi kesalahan dan terjadi kesalahan driver pada chipset.

About The Author

9 Comments

  1. Putra Arifah 24, Mei 2014 Balas
  2. kautsar juhari 25, Mei 2014 Balas
  3. kautsar juhari 25, Mei 2014 Balas
  4. Putra Arifah 28, Mei 2014 Balas
  5. Putra Arifah 28, Mei 2014 Balas
  6. Putra Arifah 29, Mei 2014 Balas
  7. Putra Arifah 29, Mei 2014 Balas
  8. kautsar juhari 30, Mei 2014 Balas
  9. kautsar juhari 30, Mei 2014 Balas

Reply